Pokdarwis "Green Talao Park" dan Kabupaten Padang Pariaman Raih Terbaik Tiga, Anugerah Peduli Wisata dan GIPI Award 2020 Sumbar.




Padang Pariaman - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengumumkan hasil nominasi Anugerah Peduli Wisata Award dan GIPI Award 2020 pada hari Kamis (19/11). Pengumuman dilaksanakan di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat. Kegiatan itu dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Novrial, SE. MAk, Bupati/Walikota, Kepala Dinas Pariwasata kabupaten/kota se Sumatera Barat, Para penggiat Wisata dan kelompok Sadar Wisata yang masuk nominasi.



Kegiatan diawali dengan penyampaian Laporan Pelaksanaan yang disampaikan langsung oleh Kadis Pariwisata Sumatera Barat, Bapak Novrial. Dalam laporannya, disampaikan bahwa penganugerahan Peduli Wisata Award ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, namun kali ini digabungkan dengan pengumuman penganugerahan GIPI Award 2020.


"Kita akan mengumumkan hasil untuk dua kelompok, yang pertama Peduli Wisata Award dari Dinas Pariwisata. Dengan kategori The move improve, The move activating dan The best performance. Kemudian dari GIPI Award untuk kategori Desa Wisata Terbaik, Pokdarwis Terbaik, dan Penggiat Wisata Terbaik."ujarnya.


Untuk Kelompok Peduli Wisata Award 2020 kategori The move improve, terbaik ketiga diraih oleh kabupaten Padang Pariaman, terbaik dua diraih oleh kabupaten Sijunjung, dan terbaik pertama diraih oleh kabupaten Solok. Sedangkan kategori The move activating, terbaik ketiga diraih oleh Kota Solok, terbaik kedua diraih oleh kabupaten Pesisir Selatan dan terbaik pertama diraih oleh Kota Sawahlunto. Dan terakhir kategori The best performance, terbaik ketiga diraih oleh Kota Pariaman, terbaik kedua diraih oleh Kota Bukittinggi dan terbaik pertama diraih oleh kabupaten 50 Kota.


Untuk nominasi GIPI Award 2020 kategori Desa Wisata terbaik diraih oleh Desa Kubu Gadang kota Padang Panjang, kategori Pokdarwis Terbaik diraih oleh Pokdarwis Kapalo Banda Taram kabupaten 50 Kota dan kategori penggiat Wisata terbaik diraih oleh bapak Eko Darmawan dari kabupaten Pasaman Barat.


Sementara Pokdarwis Green Talao Park Nagari Ulakan kabupaten Padang Pariaman menjadi Terbaik ketiga, setelah Pokdarwis Batang Taye Sijunjung yang berada di posisi terbaik dua. 


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya, menyampaikan kepada hadirin. Bahwa penganugerahan ini, adalah sebagai bentuk perhatian pemerintah dan motivasi untuk pelaku wisata kedepannya.


"Penganugerahan ini bertujuan, untuk memotivasi para pelaku wisata, baik OPD pelaksana, Penggiat Wisata, kelompok Sadar Wisata dan stakeholder lainnya. Jadikan momen ini sebagai alat ukur diri kita, supaya kedepannya bisa menjadi lebih baik. Dalam memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat". Tuturnya mengakhiri pembicaraan.


Senada dengan itu, Ketua Pokdarwis Green Talao Park Ulakan Syahrul Mubarak menyampaikan. Ucapan terima kasih kepada semua pihak, yang telah ikut membina dan mempromosikan GTP ini. Bahwa prestasi yang diraih ini, adalah hasil dari kerja ikhlas dan semangat dari pemuda nagari Ulakan, yang ingin berbuat dan melakukan perubahan yang lebih baik. "Kami tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan niniak mamak dan pemerintah nagari. Semoga ini menjadi langkah awal bagi nagari Ulakan menuju nagari wisata yang berbasis partisipasi masyarakat". Ujar Syahrul menutup pembicaraan. (AS/SM)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang