Jurusan IKK FPP UNP Gelar Pelatihan Menjahit di Nagari Koto Tangah Simalanggang

 


Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga khususnya Kosentrasi Tata Busana FPP UNP, melaksanakan pelatihan menjahit pakaian jadi di Nagari Koto Tangah Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh Kabupaten 50 Kota, selama dua bulan lebih.


Demikian dikatakan Srizulfia Nofrita, SPd, MSi kepada wartawan, Senin (9/11), dimana para peserta pelatihan itu saat ini sudah ada yang mampu berwirausaha dengan menghasilkan produk berupa pakaian jadi wanita dengan kualitas yang baik.


Pelatihan dilaksanakan, diungkapkan Srizulfia Nofrita guna meningkatkan taraf kehidupan dan pendapatan keluarga peserta dan memerangi kemiskinan menuju keluarga sejahtera.


“Peran perempuan dewasa ini sudah tidak lagi hanya sebagai seorang istri dan ibu yang hanya mengurus keluarga dan anak-anak, tetapi lebih berkembang. Untuk itu perlu diberikan beberapa bentuk pelatihan,” ujarnya


Srizulfia menjelaskan, metode yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, latihan dan bimbingan serta resitasi atau pemberian tugas.


“Selama pelatihan sebanyak 15 orang peserta diberikan materi dalam bentuk teori dan praktek. Kelima belas peserta itu berasal dari masing-masing jorong,” paparnya.


Nara sumber dalam pelatihan ini, selain Srizulfia Nofrita selaku ketua Tim Pengadian Masyarakat Jurusan IKK khususnya Kosentrasi Tata Busana FPP UNP, juga hadir nara sumber lainnya yakni Dra. Adriani MPd yang memberikan penyuluhan tentang menumbuhkan jiwa berwirausaha, kiat sukses berwirausaha, cara mengambil ukuran dan membuat pola dan pecah pola menjahit pakaian jadi.


Sedangkan Srizulfia Nofrita memberikan materi tentang alternatif produk bidang busana, untuk berwirausaha, manajemen usaha dan analisa pasar, teknikmenjahit dan penyelesaian akhir


Untuk kelancaran pelaksanaan pelatihan dalam rangka pengabdian jurusan ini, seperti dikemukakan Srizulfia pihaknya bekerjasama Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten 50 Kota dan berkoordinasi dengan Pemerintahan Kanagarian Koto Tangah Simalanggang. 

(A)


No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang