Danau Tigi Meluap, Direktur Ekologi Papua Minta Bupati dan DPRD Deiyai Jangan Sembunyi Diri di Kabupaten lain





 DEIYAI-PAPUA - , "Bupati  dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Deiyai  jangan lebih mementingkan pembahasan pemekaran distrik dan kampung tetapi dipending dulu lalu fokus mencari  solusi terkait persoalan meluapnya danau Tigi ," Tulis Sang Penggagas Noken Papua di UNESCO,    Kris Titus Pekei SH.  M. Si, melalui akun facebook pribadinya, Kamis, (12/11). Siang tadi.  


"Sudah menjalan empat (4) bulan air danau tigi belum surut . Ini akan bahaya terhadap  eksistensi hidup masyarakat Deiyai. Tempat mata pencarian hidup dan tempat tinggal masyarakat sudah mengalami kerugian ,"Tegas Cris .


"Bupati dan ketua  DPRD jangan sembunyi diri di kabupaten lain,  tapi tolong sikapi persoalan meluapnya danau tigi secara serius,  "Ujarnya.  


Sang Pengagas Noken Papua di Mata Dunia itu mengatakan, "saat ketika Mahkamah Konstitusi (MK) meminta menghadirkan saksi alih tentang sistim noken, saya trut hadir untuk mencari keadilan dan kedamaian. 


"Saya sudah bantu saat di MK,  sekarang tolong mencari solusi untuk atasi persoalan yang sedang dialami masyarakat".


Harapan saya Deiyai aman dan damai serta pemerintah juga  dapat memperhatikan persoalan-persoalan krusial yang terjadi di masyarakat,  salah satunya terkait peluapan danau tigi saat ini, "Katanya. 


Sementara, Salah satu Kaum Intelektual asala Deiyai,  Melkias Pakage,  mengatakan, konsep  untuk atasi peluapan danau Tigi  kami sudah punya konsep, "Ujarnya,  ketika wawacari media ini.  


"Kami sudah punya konsep dan siap sodorkan hasil kajian  kami sebagai solusi untuk mengatasinya, Ujarnya.  


 "Konsep yang akan kami sudah kaji adalah , konsep mengatasi peluapan danau tigi yang sudah perna dilakukan oleh orang tua kami diwaktu yang telah silam saat ketika mengalami peluapan danau seperti saat ini, "Ujar Pria yang disapa Bibe itu.  


Oleh karena itu,  kami siap bantu pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut, namun awalnya perlu kami lakukan sosialisasi agar dipahami semua pihak. (WP)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang