KEINDAHAN PULAU SIKUAI MENJADI WISATA UNGGUL MINANGKABAU



Penulis:  Muthia Calista mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya 

Keindahan wisata minangkabau tidak dapat dipungkiri, dimulai dari sumber daya yang ada hingga objek wisata yang bisa dinikmati. Keindahan wisata minangkabau dikarenakan terdapat budidaya wisata serta pelestarian kebudayaan yang terbaik disana. Keindahan wisata tersebut dapat dilihat pada objek wisata yang dijaga dan dipelihara. Daerah Minangkabau terdapat banyak objek wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung baik objek wisata yang sudah terkenal hingga pelosok negri sampai wisata yang belum pernah di datangi oleh masyarakat luas sehingga pesona alam yang tersaji sangat alami, indah dan mempersona. Sangat elok dan baik rasanya ketika berada di wisata Minangkabau, bukan hanya keindahan disajikan tapi keelokan alam yang tersaji membuat pengunjung merasa nyaman dan sejahtera.

Salah satu tempat wisata yang elok, indah dan alami ialah Pulau Sikuai, Pulau ini terletak wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal, melalui pelabuhan Muara dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dan dari dermaga Air laut Bungus dalam waktu tempuh sekitar 35 menit. Transportasi yang menggunakan kapal ke pulau tersebut membuat pengunjung untuk berpikir kedua kali untuk mengunjungi pulau tersebut, walaupun jangkauan terhadap pulau tersebut cukup suli, namun pulau ini sejatinya memiliki banyak keunikan hingga keindahan yang tiada tertandingi.

Pulau Sikuai ini salah satu pulau yang masih alami, sumber daya alam disana terlihat sangat indah dan alami tanpa ganguan berbagai polusi. Pulau Sikuai tentunya dapat menjadi unggulan wisata Minangkabau. Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44.4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Berdasarkan hal tersebut sangat indah tentunya pulau ini yang memiliki pasir putih, tidak banyak pulau di Sumatera Barat sumber daya alamnya masih alami seperti pulau Sikuai. Keunikan lainnya pada Pulau ini terdapat hutan tropis yang alami, sejatinya pulau yang ada di Sumatera barat tidak semuanya memiliki hutan tropis alami, pun jika ada hutan tersebut sudah terganggu oleh hal buruk lainnya.

Pulau ini hadir dengan memberikan suasana berbeda dan unik diantara pulau lainnya. Pulau ini hadir dengan keelokan alam yang masih terjaga bahkan sumber daya alam disana belum terpengaruh sama sekali dengan hal buruk lainnya. Suasana yang disajikan membuat kenyamanan dan keastrian lingkungan disana. Keindahan pulau ini juga didukung oleh sumber daya manusia disana, terlebih dalam beberapa tahun ini pulau ini juga didukung dan dilestarikan oleh Pemerintah tersebut, hal ini tentunya membuat nilai dari pulau ini naik.

Pulau Sikuai ini ditetapkan sebagai tujuan wisata daerah Sumatera Barat bahkan dijadikan sebagai objek wisata kebanggaan orang Minangkabau. Sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pihak swasta, telah memfasilitasi pulau ini dengan hotel resort berbintang tiga. Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai. Hotel resort di pulau ini menyediakan 54 buah cottage, restoran, ruangan untuk rapat, dan kolam renang, walaupun dengan tarif sewa cukup mahal tetapi pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing ataupun wisata bahari.

Objek wisata yang menarik, indah bahkan masih alami tentunya memiliki daya tarik yang tinggi, terlebih ketika dibudidayakan oleh Pemerintah setempat. Keindahan pulau tersebut tidak dapat dipungkiri bahkan tidak dapat ditandingi oleh beberapa pulau berada disana. Pulau sikuai tentunya menjadi Surganya para wisatawan dunia untuk berlibur ke pulau ini. Keindahan nan eksotis ini tentu memiliki keindahan yang bisa disejajarkan dengan pulau eksotis dunia lainnya. Pulau sikuai menyajikan banyak fasilitas untuk para wisatawan diiringi dengan keindahan alam dan pulau disana. Dampak besar ekonomi Sumatera Barat akan timbul dengan hadirnya Pulau Sikuaai ini, mempersona dan cantik itulah gambaran untuk Pulau Sikuai ini.

Oleh karena itu, Pulau Sikuai adalah kekayaan wisata yang dimiliki oleh daerah Minangkabau. Melalui keindahan, keelokan dan kealamian pulau tersebut menjadi unggulan bagi Orang Minangkabau. Bahkan menjadi saksi bahwa Wisata daerah Minangkabau tiada tertandingi oleh Pulau daerah lain.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang