Jurusan Bahasa Inggris dan TEFLIN Sumatera Barat Selenggarakan Webinar dengan Tiga Narasumber



Universitas Negeri Padang bekerja sama dengan TEFLIN Sumatera Barat mengadakan webinar dengan tema "Enganging Activities during Emergency Online English Teaching in Pandemic Era" yang diselenggarakan pada Sabtu (10/10).


Kegiatan webinar ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Dr. Gumawang Jati, Presiden iTELL, dosen ITB, dan Pengurus Pusat TEFLIN; Andri Defrioka, M.Pd., Presiden IETA, pengawas SMK Sumatera Barat; dan Refnita, M.Pd., guru Bahasa Inggris SMAN 3 Padang yang sekarang menjadi Pengawas SMA Sumatera Barat. Webinar ini diikuti oleh 657 peserta guru dan dosen bahasa Inggris dari seluruh Indonesia.


Prof. Dr. M. Zaim, M. Hum., koordinator TEFLIN (Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia) Sumatera Barat dalam sambutannya menyatakan bahwa webinar ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian TEFLIN dan Jurusan Bahasa Inggris terhadap masalah pembelajaran bahasa Inggris di masa Pandemi Covid-19, dalam situasi kita tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di kelas, tetapi diganti dengan pembelajaran tatap maya, berupa pembelajaran daring.


"Untuk itu, guru dan dosen harus membuat aktivitas pembelajaran daring yang ramah kuota internet," jelas Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum.


Pada kesempatan itu, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang juga ketua panitia penyelenggara webinar ini menyatakan guru bahasa Inggris harus mampu mengatasi masalah pembelajaran bahasa Inggris di masa Pandemi Covid-19 ini dengan mencari aktivitas pembelajaran daring yang tepat agar tujuan pembelajaran bisa dicapai.


Beberapa aplikasi pembelajaran daring ramah kuota dan aktivitas pembelajaran daring dijelaskan secara gamblang oleh Dr. Gumawang Jati. Sementara beberapa best practice pembelajaran daring yang menyenangkan dipaparkan oleh Refnita dan Andri Defrioka. (ET)






No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang