Fmipa Jurusan Kimia UNP Adakan Pelatihan Pengolahan Hasil Laut DiKurai Taji


www.jurnalissumbar.id

Selama dua hari Tim Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan pelatihan pengolahan hasil laut menjadi makanan kekinian yang sarat gizi dan bernilai ekonomis di Nagari Kurai Taji Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.


Menurut Ketua Tim Pelaksana Pengabdian, Fauzana Gazali, M.Pd, pelatihan dilakukan Sabtu dan Minggu, 26-27 September 2020. Dalam pelatihan selama dua hari itu, pelaksanaan dilakukan dalam dua bentuk, yakni pemaparan materi dan praktek oleh Tim Pengabdian yang berisikan, Fauzana Gazali, M.Pd, Trisna Kumala Sari, Ph.D, Silvi veronita, S.Si, Melindra Mulia, M.Si, Suci Ulan Sari, S.Pd, Fitri Yuranda, S.T, dan dibantu dua mahasiswa, Annisa Syafira dan Sil Purnamasari.


Adapun tujuan kegiatannya, sambung Fauzana, yakni untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan ekonomi penduduk dengan cara memberikan pelatihan atau workshop kepada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK Nagari Kurai Taji,


"Sehingga mereka mempunyai pengetahuan tentang manfaat ikan dan kandungan gizinya serta terampil dalam mengolah ikan segar menjadi produk makanan kekinian yang sehat, bergizi dan bernilai ekonomis," ujarnya.


Adapun produk olahan ikan yang dibuat pada kegiatan ini adalah nugget ikan, fish ball, aneka seafood, dan juga saos sambal seafood.


Tim PKM, kata Fauzana, berharap pengetahuan yang diberikan dapat diaplikasikan masyarakat dalam kehidupannya sehingga produk-produk yang dibuat dapat dikonsumsi oleh anggota keluarga lainnya maupun diperdagangkan untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga.


#Sumber Berita Minang


No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang