Donizar Komisi V DPRD Sumbar Tampung Aspirasi Guru Honor SMA/SMK Di Sumbar

  


www.jurnalissumbar.id

Puluhan guru honorer dari  honorer  SMA dan SMK Sumatera Barat mendatangi Gedung DPRD Sumbar. Yang didampingi Kabid SMA/SMK Dinas Pendidikan Sumbar Drs. Suindra

Kedatangan para guru tersebut diterima oleh Donizar Komisi V Dprd Sumbar  di ruang bangar DPRD Sumbar

Adapun tujuan kedatangan dari puluhan guru itu, untuk mengadukan nasib mereka yang hingga kini belum ada kepastian soal pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Komisi V DPRD Sumbar Donizar mengatakan, kedatangan para guru tersebut lantaran ada beberapa hal yang disampaikan kepada DPRD Sumbar, khususnya komisi V yakni, tentang status pengangkatan guru honorer, kesejahteraan guru dan masih kurangnya tenaga guru serta banyak hal lain soal pendidikan.

“Komisi V DPRD Sumbar tidak ada alasan untuk tidak mendukung perjuangan para guru. Tapi secara teknis kita akan bahas dulu dalam rapat di komisi, karena tidak mungkin dibahas di sini, sebab komisi yang mempunyai kewenangan untuk membahas ini secara teknis,” katanya saat menerima keluhan para guru di ruang banggar DPRD Sumbar  Rabu(14/10/2020).

Sementara itu, Kabid SMK/SMA Dinas Pendidikan Sumbar menyampaikan, bahwa kesejahteraan guru sekarang ini masih sangat minim, terutama di daerah dan kota maupun provinsi.

Untuk itu, Dinas Pendidikan terus mendorong meminta komisi V DPRD Sumbar sebagai tempat menyampaikan aspirasi, bagaimana meningkatkan kesejahteraan guru ini, minimal mencontoh wilayah kabupaten atau kota yang memberikan insentif terhadap guru honorer.

MenuruSuindra “ untuk intensif guru honorer, tergantung kepada kemampuan sekolah  Artinya kepala daerah memberikan bantuan terhadap guru honorer,” katanya.

Suindra menambahkan, dinas Propinsi sebenarnya tidak mengenal guru honor tetapi guru PTT atau pegawai tidak Tetap yang di gaji melalui BOD namun bila guru PTT atau guru honor sekolah sudah bersertfikat penghasilan sertifikatnyapun sama dengan guru berstatus PNS

Ditengah kekurangan guru diskeolah-sekolah baik SMA dan SMK karena keterbatasan pemda setempat, maka kita mendorong dan meminta dukungan  DPRD Sumbar khususnya komisi V, supaya pemerintah mengangkat PNS maupun PTT sesuai karyanya selama ini. Sebab banyak para guru honorer yang telah melewati usia masa CPNS, bahkan telah bekerja mencapai 25 tahun lebih.

“Menurut Saya ini perlu, karena pengabdian mereka bukan sedikit. Kalau berbicara kekurangan guru dan Pemerintah mengatakan guru itu cukup memang benar, karena didalamnya termasuk tenaga dan honorer,” ucap Suindra

 

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang