UK PPIPM UNP Mengadakan Workshop Dan Konsilidasi Kreatifitas Mahasiswa


www.jurnalissumbar.id

Unit Kegiatan Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa Universitas Negeri Padang (PPIPM UNP) selaku penanggungjawab untuk Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Negeri Padang (PKM UNP) kembali mengadakan kegiatan Workshop dan Konsolidasi untuk Tim Program Kreativitas Mahasiswa.



Universitas Negeri Padang (PKM UNP) yang di danai oleh Kemendikbud tahun 2020 bersama Reviewer PKM Nasional, Prof. Dr. Ir. Amin Retnoningsih, M.Si dimana beliau juga merupakan Guru Besar dari Universitas Negeri Semarang melalui platform Zoom Meeting.



Acara ini di ikuti sebanyak 154 orang terdiri dari peserta PKM, Dosen Pembimbing, tamu undangan, panitia dan Kepengurusan PPIPM. Kamis, 27/8/2020



Ketua Umum PPIPM UNP ( Manejemen, 2017 ) Muhammad jefpri menyampaikan, bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi terkait proses pelaksanaan PKM 5 Bidang tahun 2020 khususnya di luaran PKM yang diharapkan oleh Reviewer nasional agar dosen pembimbing dan peserta PKM bisa mengerjakan PKM nya sesuai dengan yang diharapkan oleh reviewer nasional serta bisa lolos ke PIMNAS 33 nanti.



Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si., Ph.D dalam sambutannya beliau menyampaikan untuk bersungguh-sungguh dan serius dalam mengikuti kegiatan Workshop dan Konsolidasi dikarenakan kegiatan ini menghadirkan Reviewer PKM Nasional dari Universitas Negeri Semarang. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini baik dosen pembimbing dan mahasiswa peserta PKM dapat menjadi lebih terarah dan fokus menyelesaikan proposal PKM nya, semoga di tahun ini kita mengalami peningkatan yang lolos ke PIMNAS 33 termasuk juga prestasi yang kita raih nantinya di nasional.



Pada kesempatan menyusul, Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D dalam arahannya beliau menyampaikan selamat dan apresiasi serta bangga bahwasanya ditahun ini terjadi peningkatan dalam jumlah proposal yang di danai, walau terjadi peningkatan jangan langsung merasa puas diri dimana kita masih jauh tertinggal dari Perguruan Tinggi lain. Ucapan terima kasih kepada pelaksana, PPIPM UNP yang sudah melaksanakan kegiatan ini harapannya tidak mengurangi esensi dan kualitas pertemuan kita walau dilaksanakan secara virtual. Pimpinan Universitas Negeri Padang selalu mensupport penuh kegiatan PKM melalui Wakil Rektor III. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III se-Universitas Negeri Padang, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Staf Ahli Wakil Rektor III, Kabag Kemahasiswaan, Kabag Humas, Kasubag Kemahasiswaan beserta staf, dan Kasubag MPIK beserta staf.



Pada kegiatan ini, Prof. Dr. Ir. Amin Retnoningsih, M.Si sebagai Narasumber dan Reviewer PKM Nasional menekankan bahwa pelaksanaan PKM tahun 2020 semuanya secara daring, mulai dari komunikasi antar kelompok, bertemu mitra, dan sebagainya semua dilaksanakan secara daring. Pada PKM 2020 ini terkhusus diluaran PKM mengalami perbedaan, tidak lagi berbentuk fisik melainkan berbentuk narrative review untuk PKM-P dan video pelaksanaan program selain dari PKM-P termasuk Laporan Kemajuan dan Laporan Akhir, terkhusus untuk PKM-M ditambah dengan buku pedoman pelaksanaan program dan PKM-T ditambah dengan buku pedoman aplikasi produk. 



Untuk luaran narrative review agar bisa lulus ke PIMNAS nanti silahkan dibuat bagus-bagus dengan rujukan yang relevan dan mutahir, utamakan artikel ilmiah yang terakreditasi baik bereputasi nasional dan internasional. Sedangkan untuk luaran video silahkan dibuat sekreatif dan sebagus mungkin dengan konten berisi terkait animasi desain produk yang akan diterapkan, animasi rencana implementasi dan tutorial, cara pembuatan produk, komunikasi dengan mitra secara daring (rekaman) dengan memperhatikan durasi waktu video 5-7 menit.



(Ay/ humas UNP)


No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang