Silek Harimau



Oleh : Djody Prasetyo.j, Jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Anadalas.


Benua asia merupakan lambung dari ilmu bela diri di dunia. Ada ratusan ilmu bela diri yang tersebar di berbagai Negara di asia. Bahkan pada beberapa Negara ilmu bela diri di jadikan sebagai ciri khas dan identitas. Dari ilmu bela diri masyarakat Negara lain mengenal dan mengunjungi Negara tersebut. Mulai dari Negara china, di china terdapat ratusan ilmu bela diri. Beberapa diantaranya seperti Kung Fu, Wing Chun, Thai Chi, Pa Kwa, Wushu. Sedangkan di Indonesia sendiri terdapat ilmu bela diri Silat Khususnya di Sumatra Barat. Di Sumatra barat banya terdapat ilmu bela diri silat diantranya silat Harimau.

Dalam silek harimau tokoh guru besar sering di sebut “Datuk Edwel” Datuk memiliki nama lengkap sebagai Edwel Yusri Datuk Rajo Gampo Alam yang biasa disebut pula Datuk Edwel. Beliau merupakan guru yang menjadikan guru besar Silat Harimau dan asli berasal dari suku Minangkabau, Sumatra Barat. Edwel mendapati warisan silat harimau yang langsung turun dari kakek buyutnya, inyiak Anguik dan di kenal sebagai pemilik ilmu telepati turun-temurun dengan Harimau Sumatra Barat di hutan halamnya semasa zaman colonial. Inyiak Anguik terkenal memelihara 8 ekor harimau yang hidup liar.

Di dalam silat harimau sendiri juga memiliki gerakan khusus dan juga khas. Teknik yang harus dikuasai oleh para pesilatnya ialah teknik akrobatik dan juga teknik bela diri sigap. Karena gerakan silat harimau memerlukan kecekatan dan tubuh yang luwes. Karena banyak di dalam gerakan Silatb Harimau sendiri yang mengharuskan sang pesilat untuk menaiki tubuh musuhnya hanya dengan berlutut atau dengan gerakan menangkap. Selain teknik tangkapan, gerakan silat harimau juga menggunakan teknik kuncian. Gerakan ini di kenal cukup menyakitkan dan membuat lawan tak berkutik dan hanya bias merebah di bawah dengan tubuh yang tidak bisa melawan balik, silat harimau juga menggunakan cakar sebagai senjata untuk menyerang lawannya. Cakaran mengarah ke leher, muka dan bagian vital dari lawan. Teknik ini menjadikan ciri khas yang tidak ada pada silat lain. Oleh sebab itu, alas an utama mengapa silat harimau dinyatakan berbahaya.

Memang dari sekian banyak silat yang berasal dari Sumatra barat, silat hari,au merupakan aliran yang paling menonjol. Dikatakan Silat Harimau memiliki gerakan yang digunakan gaya seperti harimau, selain itu kuda-kuda atau jurus awal pada silat ini menggunakan gaya seperti harimau. Ada mitos yang mengatakan jika pesilat mengusai aliran satu ini, maka mereka akan berubah wujud menjadi harimau. Namun belum di ketahui mulai kapan dan siapa pencetus silat harimau sendiri. Karena silat ini diturunkan secara lisan saja namun tidak tercatat dalam sejarah. Silat Harimau ini juga memiliki karakter yang tegas dank eras layaknya harimau.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang