Sawahlunto Kota wisata Bersejarah



Oleh

Rahmaisyah faunaidi, Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya

Universitas Andalas

Kota Sawahlunto adalah salah satu kota di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota yang terletak 95 km sebelah timur laut kota Padang ini, dikelilingi oleh 3 kabupaten di Sumatra Barat, yaitu kabupaten Tanah Datar, kabupaten Solok, dan kabupaten Sijunjung. kota ini didirikan pada tahun 1888. Kota Sawahlunto  berhasil masuk dalam nominasi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Sawahlunto yang tadinya terkenal sebagai kota batu bara kini lebih dikenal sebagai kota wisata.

Kota Sawahlunto memproduksi batu bara sejak tahun 1892. Seiring dengan itu, kota ini mulai menjadi kawasan pemukiman pekerja tambang, dan terus berkembang menjadi sebuah kota kecil dengan penduduk yang intinya adalah pegawai dan pekerja tambang. Pada tahun 1889, pemerintah Hindia Belanda mulai membangun jalur kereta api menuju Kota Padang untuk memudahkan pengangkutan batu bara keluar dari Kota Sawahlunto. Jalur kereta api tersebut mencapai Kota Sawahlunto pada tahun 1894, sehingga sejak angkutan kereta api mulai dioperasikan produksi batu bara di kota ini terus mengalami peningkatan hingga mencapai ratusan ribu ton per tahun.

Kota Sawahlunto memiliki banyak bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Sebagian bangunan telah ditetapkan oleh pemerintah setempat sebagai cagar budaya dan objek wisata, salah satunya adalah Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto. Bangunan tua lainnya adalah Kantor PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin yang dibangun pada tahun 1916. Bangunan ini memiliki menara pada bagian tengah dan di sekitarnya terdapat taman yang dikenal sebagai Taman Segitiga.

Sawahlunto menjadi salah satu daerah kebanggaan Sumatera Barat karena menyimpan banyak pesona alam yang menakjubkan. Anda bisa menikmati berbagai pemandangan alam, situs bersejarah, wisata udara, dan banyak lagi. Daerah ini juga menawarkan berbagai objek wisata yang tidak akan Anda temui di daerah lainnya. Ada berbagai macam pilihan wisata yang menarik yang wajib didatangi jika anda mengunjungi kota Sawahlunto. 

Yang pertama terdapat Museum Kereta Api. Museum ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Teleng, Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto. Jika Anda ingin menikmati wisata sejarah, maka mengunjungi Museum Kereta Api adalah pilihan yang tepat. Di sana, Anda bisa menyaksikan pemandangan kereta api pertama yang ada di Sawahlunto, dan itu semua sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Anda juga bisa menikmati keindahan arsitektur Belanda yang masih terjaga hingga saat ini. 



Wisata yang kedua yaitu Puncak Polan yang berlokasi di Aur Mulio, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto. Dipuncak Polandia ini Anda bisa benar-benar menikmati pemandangan Sawahlunto dari atas bukit. Banyak juga yang memanfaatkan tempat ini sebagai arena Paralayang. Ketika malam hari akan ada deretan lampu hias dengan tambahan lampion yang menjadikan puncak ini tidak pernah sepi pengunjung. Terkadang, ada juga pengunjung yang mendirikan tenda demi dapat menikmati matahari terbit di pagi hari.

Wisata yang keempat terdapat Danau Biru yang berlokasi di Tumpuak Tangah, Kec.Talawi, Kota Sawah Lunto. Mengunjungi Sawahlunto tanpa mampir ke Danau Biru rasanya tidak lengkap. Hal tersebut karena pesona yang dimiliki oleh danau tersebut dapat memberi tahu yang melihatnya. Hamparan airnya yang sangat jernih dan tenang, dapat membantu Anda melepaskan penat. Menariknya, di samping danau ini terdapat perbukitan kecil yang biasanya dijadikan sebagai area uji nyali oleh pengunjung. Mereka akan menaiki bukit tersebut lalu memanfaatkannya sebagai tempat foto agar mendapat pemandangan yang bagus.

Wisata yang kelima terdapat Museum Goedang Ransoem yang berlokasi di Jl. Arif Rahman Hakim, Air Dingin, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Dulunya, museum ini merupakan area dapur para pekerja tambang yang ada di Sawahlunto. Namun kini, sudah disulap menjadi museum yang indah dan menarik. Bahkan hanya dengan melihat warna catnya saja tidak akan membuat terpesona. Meski sudah berabad-abad, bangunan museum masih sangat kokoh. Isi dari museum ini adalah peninggalan budaya Sawahlunto. Namun, uniknya semua dikemas dalam gedung vintage yang sangat indah dan bahkan terlihat instagramable.

Wisata berikutnya terdapat Bukit Teletubbies yang berlokasi di Kolok Nantuo Kec. Barangin, Kota Sawahlunto. Dinamakan bukit teletubbis karena memang bentuknya sangat mirip dengan bukit yang ada di serial animasi tersebut. Bentuknya yang menyembung memang terlihat sangat lucu, apalagi bagi anak-anak. Kondisi bukit ini sangat bersih, bahkan diantara bukit-bukit lainnya yang ada di Sawahlunto. Anda juga bisa menggelar piknik dengan keluarga tercinta sambil menikmati sejuknya suasana yang ada di bukit tersebut.

Nah, beberapa rekomendasi tempat wisata di Sawahlunto yang bisa menjadi pilihan liburan spesial Anda.Masih banyak lagi wisata yang ada di Sawahlunto dengan destinasi yang berbeda-beda yang menjadikan liburan anda jauh lebih menarik.  Sebelumnya membuat konsep liburan yang terencana terlebih dahulu agar nantinya di sana Anda bisa menikmati liburan dengan maksimal.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang