Puncak Lawang, Dataran Tinggi untuk Menikmati Indahnya Danau Maninjau



Oleh :

Suci Rahmadania Putri

Mahasiswa jurusan Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas


Sumatera Barat merupakan sebuah provinsi yang banyak memiliki wisata alam yang cocok Anda jadikan destinasi tujuan wisata saat berkunjung ke sumatera. Sebuah perbukitan yang sangat indah dan panorama Alamanya yang sungguh menggoda sangat sayang jika Anda lewatkan, Bukit bernama Puncak Lawang layak untuk dimasukan ke daftar tujuan wisata. Puncak Lawang adalah sebuah dataran tinggi yang berada di puncak perbukitan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dari tempat ini, kita bisa melihat Danau Maninjau yang biru. Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Puncak Lawang ini berada di area yang sama dengan Danau Maninjau. Dari titik ini, kita bisa melihat seluruh pemandangan Danau Maninjau.

Puncak Lawang merupakan sebuah objek wisata yang cukup terkenal di Sumatra Barat. Puncak Lawang Maninjau terletak di Lawang, Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Bukit yang terletak di Kabupaten Agam tepatnya sekitar ± 21 KM dari Pusat Kota Bukittinggi memiliki pemandangan yang sangat indah dan menyejukkan mata memandang. Perjalanan dimulai dari jalan Atas Ngarai, melewati objek wisata Lubang Japang dan Janjang Koto Gadang serta Panorama Lembah Ngarai Sianok dan bisa pula melalui jalan dari Maninjau sambil menikmati indahnya danau dari semakin tingginya kelok 44 yang dilalui. Eksotisme Danau Maninjau juga bisa dinikmati dari Puncak Lawang Bukittinggi. Danau Maninjau, dengan luas mencapai 100 km2, merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Barat. 

Puncak Lawang bisa dikatakan sebagai tempat terbaik untuk menikmati panorama Danau Maninjau dari Ketinggian. Puncak tertinggi di perbukitan Wisata alam Danau Maninjau ini memiliki ketinggian sekitar 1210 mdpl. Di Puncak Lawang ini Anda juga dapat memacu adrenalin dengan menjajal Paralayang atau Paragliding sambil menikmati view Danau Maninjau. Di atas Puncak lawang sering ada event Paralayang bertaraf Internasional yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Agam, karena puncak lawang termasuk lokasi Paralayang terbaik di Asia Tenggara. Puncak Lawang sendiri merupakan salah satu view point atau sopot terbaik untuk menikmati panorama keindahan Danau Maninjau. Dari puncak ini, Anda dapat menyaksikan Samudera Hindia di sebelah Barat Daya perbukitan Danau Maninjau. Danau Maninjau memiliki pemandangan yang sangat indah. Dengan air yang bening bak cermin, bentang dataran yang hijau serta dikelilingi oleh bukit terjal menjadikan danau ini objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

Dari atas Puncak lawang Anda dapat melihat keseluruhan Danau Maninjau yang airnya kebiruan sangat bening seperti cermin raksasa. Akan terlihat dipinggiran danau Maninjau akan tampak perkampungan dengan puluhan tambaknya.puncak-lawang-maninjauUntuk menikmati keindahan Danau Maninjau tersebuat, sangat kami sarankan untuk datang ke Puncak Lawang di sebelum tengah hari di antara jam 9-10 karena bila datang kepagian atau kesiangan, maka biasanya kawasan Puncak Lawang maninjau ini sudah tertutup oleh kabut tebal.

Keindahan Puncak Lawang jika dalam kondisi cuaca cerah akan tampak langit biru dan awan putih yang menggempul. Langit biru dihiasi awan seputih kapas ini yang seolah menggantung di atas kepala kita. Dan inilah yang dinamakan Negeri di atas Awan. Tak hanya itu, Puncak Lawang sudah di lengkapi dengan berbagai arena Game yang akan memanjakan Para Pengunjung.


Di Puncak Lawang juga ada pepohonan Pinus yang rindang, bisa Anda manfaatkan untuk mengisi foto Instagram, Pemandangannya yang sangat indah ini sangat sayang jika terlewatkan. Ada banyak spot yang dapat anda kunjungi untuk menikmati keindahan Danau Maninjau, terlebih dari ketinggian, hamparan luas perairan yang dikelilingi perbukitan menciptakan rasa takjub bagi siapa saja yang melihatnya. Salah satu spot yang paling ramai dan paling banyak dikunjungi adalah PUNCAK LAWANG.

Dipuncak Lawang juga ada beberapa spot yang baru dibuat oleh warga setempat untuk menikmati landscape Danau Maninjau dengan sempurna tanpa harus ketempat wisata utama. Disini sudah disediakan gubuk dan kursi kursi sehingga Anda bisa bersantai sambil menikmati indahnya kebiruan danau Maninjau. Banyak fasilitas seperti Flying Fox, Paralayang. Untuk Game Flying Fox di Bandrol dengan Budget Rp. 25.000/org dan semua permainan Rp. 75.000/org. Untuk Paralayang sekitar ± Rp. 300.000/org untuk sekali terbang. Biaya untuk Masuk Puncak Lawang pada Hari Biasa Rp. 5.000/org dan Parkir Motor Rp. 2.000/org. Untuk Mobil sekitar Rp. 5.000/unit. Pada Libur Nasiobal, Tarif masuk naik menjadi Rp. 15.000- 20.000/org dan Parkir Motor Rp. 3.000/unit dan Mobil sekitar Rp. 10.000/unit.

      Dan puncak lawang sangat layak dijadikan sebagai tujuan wisata apalagi dimasa pandemi sekarang kita hanya diperbolehkan untuk berdiam diri dirumah sebagai upaya menaati aturan dari pemerintah. Puncak lawang cocok dijadikan sebagai tujuan wisata karena keadaan alamnya yang asri dan sejuk dengan berbagai spot foto yang elok untuk merekam indahnya pemandangan puncak lawang dan tak lupa pula indahnya hamparan danau maninjau yang dilihat dari ketinggian yang dapat menenangkan pikiran.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang