Pesona Tempat Wisata Di Sijunjung



Oleh : Djody Prasetyo.j, Jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Andalas.

Sijunjung adalah Suatu Kabupaten yang terkenal dengan sebutan Lansek Manih, sebutan itu dinamai karena Sijunjung sendiri memiliki buah lansek yang rasanya manis, tidak hanya itu, sijunjung juga memiliki sebutan lain yaitu Daerah Kampuang Adat, sebutan itu di namai kepada sijunjung karena di suatu negeri sijunjung yang bernama Padang Ranah memiliki Kampuang Adat yang masih utuh sampai sekarang, dan orang-orang Budayawan memberikan dana untuk memfasilitasi rumah gadang tersebut.

Tidak hanya itu, sijunjung juga memiliki pesona alam yang sangat indah untuk dijadikan tempat wisata, berbagai macam tempat wisata di sijunjung, adapun itu tempatnya berada di perbukitan dan perkotaan. Tempat wisata sijunjung yang memiliki tempat di perbukitan yaitu Bukik Capang Tigo dan Bukik Panjamuan, Bukik Capang Tigo ini terletak di ke Nagarian Kandang Baru, bukik capang tigo berlokasikan tak jauh dari pemukiman warga, untuk pergi ke bukik capang tigo ini, wisatawan diharuskan untuk berjalan mendaki selama 1jam 30menit untuk sampai ke puncak bukik capang tigo. Setelah sekian lamah berjalan para wisata akan di hadapkan ke pemandangan yang sangan indah bagaikan pemandangan di atas gunung. Namun beda dengan Puncak Gaguan, puncak gaguan ini memilik pesona alam yang beda dengan bukik capang tigo, meski tidak begitu tinggi, namun puncak gaguan ini banyak juga di minati oleh para wisata untuk pergi berfoto di tempat tersebut. Puncak panjamuan ini memiliki pesona alam yang dimana di tempat tersebut memiliki banyak bebatuan besar yang membentuk sebuah bangunan, sehingga membuat tempat ini sungguh indah di pandang. Puncak panjamuan ini terletak di ke Nagarian Padang Laweh kec. VII Nagari.

Baru-baru ini di sijunjung ada tempat wisata baru, tempat wisata itu di bangun oleh Bupati sijunjung sebagai taman Kota Sijunjung. Taman ini bertempatan di pusat kota kabupaten sijunjung yaitu Muaro sijunjung, tempat wisata ini banya di kunjungi pada malam hari, karena tata rias tempat ini hampir mirip dengan Jam Gadang yang berada di Bukik Tingga, Tempat ini memiliki Kolam yang memiliki air mancur warna warni, dan puluhan lampu taman yang di pasang begitu rapi layaknya sebuah taman di perkotaan.

Tempat wisata di sijunjung ini meski beda dengan beberapa tempat wisata lain, tapi lebih banyak yang bersifat alami dibandingkan tempat wisata lainnya. Namun sulit bagi warga sijunjung untuk memperkembangkan Tempat-tempat wisata tersebut, dikarenakan banyaknya masyarakat yang mencermari lingkungan hutan sijunjung, seperti pembakaran Hutan, sehingga pemandangan alami wisata sinjunjung seakan-akan perlahan memudar kehijauannya. Untuk mempertahankan pemandangan yang indah itu, mengharuskan masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian alam tersebut agar masih indah untuk di nikamati bagi para wisata yang datang untuk berkunjung.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang