Pesona Keindahan Alam Teluk Marunggi

 


Oleh :  Muhammad Satria Erlangga 

Penulis Mahasiswa Sastra Minangkabau Unand

Tak diragukan lagi, jika banyak masyarakat menyukai fenomena sunset atau yang bis/a disebut dengan kejadian matahari terbenam, dimana tempat paling ideal untuk menikmati sunset yaitu di pantai maupun teluk. Banyak sekali pantai yang ada di Kota Padang, salah satunya Pantai Padang dan Pantai Aia Manih. Namun pantai-pantai tersebut telah mulai terasa membosankan bagi beberapa masyarakatnya terkhusus masyarakat di Kota Padang maupun pengunjung dari tempat lain, karena tempatnya yang mulai bising dengan bunyi kendaraan serta tempat yang sudah tak bersih lagi.

Sebagai gantinya masyarakat banyak yang mulai mencari tempat-tempat baru yang belum terjamah oleh orang banyak, tempat yang masih bersih serta jauh dari keramaian kota, daerah Pesisir Selatan misalnya, memiliki waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit dari Kota Padang. Daerah ini memiliki banyak pantai maupun teluk yang tentunya masih jarang diketahui, Teluk Marunggi salah satunya.

Teluk Marunggi, berlokasi di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Teluk ini menjadi destinasi baru sejak rampungnya jalan baru dari Puncak Mandeh ke Kota Padang. Untuk tiba di lokasi, pengunjung tak perlu khawatir dengan keadaan dijalan, seperti jalan yang jelek atau jalan yang memiliki tikungan tajam, karena jalan untuk mencapai teluk ini memiliki jalan yang luas dan bagus, kendaraan yang lewat pun tak terlalu banyak, membuat kita bisa berkendara dengan santai sembari menikmati pemandangan. Pemandangan yang disuguhkan sepanjang jalan juga amat indah karena disepanjang jalan terhampar pantai maupun teluk yang masih asri dan belum banyak di explore banyak orang.

 Karena termasuk tempat wisata yang baru, teluk ini memiliki air yang jernih serta pemandangan yang indah. Memiliki pasir putih dan tidak adanya sampah membuat tempat ini cukup dinikmati pengunjung untuk berenang maupun menunggu matahari terbenam. Teluk ini pun sangat indah untuk dijadikan tempat untuk berswafoto karna keindahannya apalagi saat matahari terbenam. Jika dilihat lebih teliti, pasir yang ada di pantai ini bukanlah pasir biasa melainkan fosil-fosil dari kerang yang belum hancur dengan sempurna, jika kita menyusuri teluk ini dengan bertelanjang kaki, setidaknya meninggalkan bekas merah di kaki karena fosil-fosil tersebut namun tak menyebabkan rasa sakit. Teluk ini memiliki ombak yang kecil dan angin yang ringan, jadi aman untuk anak-anak dan orang yang tak bisa berenang sekalipun.

Teluk Marunggi tidak memiliki fasilitas yang terlalu banyak, namun sudah tersedia fasilitas umum seperti kursi, kamar mandi dan warung. Jika ingin memasuki wilayah tersebut pengunjung harus mengeluarkan biaya rp.5000 per orang, biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir dan terjamin keamanan kendaraan tersebbut karena memiliki penjaga khusus.

Selain teluk ini pengunjung pun dapat memilih pantai lain yang keadaannya tak terlalu jauh berbeda dari teluk Marunggi, masyarakat sudah menghidupkan pariwisata di tempat tersebut jadi banyak pantai dan teluk yang sudah dibuka menjadi tempat wisata baru.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang