Pesona Danau Kembar, Alahan Panjang




Oleh : Yusri Muliana, Mahasiswa Sastra Minangkabau, Universitas Andalas


Alahan Panjang terkenal dengan pemandangannya yang indah dan udaranya yang sejuk, Alahan Panjang memiliki daya tarik pariwisata tersendiri bagi para pengunjung. Letak Geografis Alahan Panjang yang berada di ketinggian 1.400 mdpl membuat daerah ini menjadi daerah yang memiliki suhu yang dingin. Pada siang hari saja, suhu di daerah ini berkisar antara 22-24 derajat celcius. Tidak heran jika daerah ini disebut sebagai daerah dingin tanpa salju. Dengan suhu udara seperti ini juga membuat tanaman dan sayuran dapat tumbuh dengan subur. Mayoritas penduduk disini bekerja sebagai petani / pekebun. Tanaman hortikultura Alahan Panjang sangat baik dalam kualitasnya seperti bawang merah, kentang dan kol. Hasil pertanian ini dijual ke kota-kota besar seperti Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, bahkan dijual ke luar daerah seperti Pekanbaru dan Pulau Jawa. 

Alahan Panjang juga memiliki destinasi wisata yang mirip dengan destinasi wisata di luar negri. Danau kembar atau yang lebih dikenal dengan sebutan "Danau di ateh dan Danau di bawah" tergolong unik karena Danau diatas itu lokasinya terletak di bawah bukit dan Danau dibawah berada di atas bukit. 

Wisatawan yang mengunjungi Danau Kembar belum sebanyak Danau Singkarak. Padahal ada banyak hal yang dapat di eksplorasi dari kawasan ini. Anda yang hobi memancing bisa menyalurkannya di sini. Anda bisa juga melihat Gunung Api Talang yang masih aktif. Kawasan Danau Kembar juga memiliki agroturis yang luas dan khas seperti perkebunan teh, bunga dan markisa.

Danau yang bersih ditambah dengan pemandangan alam di sekeliling seakan menyapu semua rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Karena lokasi Danau yang berada di dataran tinggi Bukit Barisan, membuat udara di sekitar sini terasa sangat sejuk. Banyak sekali aktifitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Danau Kembar ini. Jika Anda tidak puas dengan pemandangan danau, Anda juga bisa mencoba beberapa fasilitas wisata yang terdapat di sekitar danau seperti Tracking, Outbond, olahraga air, dan masih banyak lagi. Selain itu Anda juga bisa menyambangi danau yang satunya dengan mudah, dengan jarak antara kedua danau tersebut hanya sekitar 300 meter saja. Untuk fasilitas di sekitar Danau Kembar sendiri sudah sangat lengkap, mulai dari tempat bersantai hingga rumah makan sangat mudah dijumpai di sini. Selain itu juga terdapat beberapa cottage yang bisa disewa untuk menginap.

Nah, tertarik untuk pelesir ke Danau Kembar? Danau ini cukup mudah dijangkau. Dari pusat kota Padang Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 65 km menggunakan kendaraan menuju Solok. Sepanjang perjalanan menuju kawasan itu, mata Anda akan disuguhi pemandangan fantastis. Perbukitan, hutan, jurang yang curam hingga hamparan perkebunan teh, dijamin membuat liburan Anda berkesan.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang