Pesona Danau Hijau Bukit Bual Wisata Kaum Millenial



Oleh: Reza Ramadani

(Mahasiswa Sastra Minangkabau-Unand)


Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan adat dan kebudayaan serta destinasi wisatanya. Provinsi Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota, salah satunya yaitu Sijunjung yang ukuran wilayahnya cukup luas yaitu 2.746 km2. Ibu kota kabupaten ini adalah Muaro Sijunjung. Sebelum tahun 2004, kabupaten Sijunjung ini merupakan kabupaten terluas ketiga di Sumatera Barat dengan nama Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, namun sejak dimekarkan (yang menghasilkan Kabupaten Dharmasraya), kabupaten ini menjadi kabupaten tersempit kedua di  Sumatera Barat. 

Kabupaten Sijunjung tidak hanya dikenal dengan perkampungan adat dengan deretan Rumah Gadang yang kaya nilai budaya. Namun, terdapat satu objek wisata alam yang rugi bila tak dikunjungi saat melancong ke Sijunjung, salah satunya Danau Hijau Bukit Bual yang lokasinya di Nagari Bukit Bual Limo Koto, Kec.Koto Tujuh, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, untuk menempuh perjalanan ke danau hijau ini dari tanjung ampalu sekitar 15 menit dari ibukota muaro sijunjung lebih kurang 45 menit. Lokasinya sangat unik, danau mini bukit bual ini sebelumnya tidak ada, danau ini muncul dibekas galian tambang batu bara yang terisi oleh air terus menerus dan seiring berjalannya waktu menjadi danau alami, yang menjadi daya tarik danau ini adalah warna airnya yang kehijauan bila dilihat dari kejauhan, banyak kalangan remaja yang berkunjung kesana untuk berfoto-foto dengan spot yang sangat bagus.

Selain itu, alam disekitar danau tersebut masih sangat terjaga dan asri menjadikan pemandangan danau tersebut terlihat eksotis, mengunjungi danau ini sangat pas untuk menghilangkan stress dan suntuk. Danau hijau sijunjung ini diberi nama danau hijau karena memang warna air dari genangan yang terlihat berwarna hijau, danau ini merupakan danau mini yang hanya dimanfaatin untuk pengambilan gambar yang menakjubkan, belum ada orang yang berenang-renang didanau ini seperti danau pada umumnya, walaupun danau ini terbilang sangat unik, banyak para pengunjung merasa senang menikmati pesonanya. Saat sekarang ini danau hijau bukit bual ini terkenal karena beberapa media meliput dan mengekspose ke internet seperti web info sijunjung serta unggahan pada akun sosial media dari orang yang berkunjung kesana dengan hastag sijunjung yang sangat banyak. Oleh karena itulah danau hijau bukit bual ini mendadak rame.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang