Pesona Alam Solok Selatan



Oleh : Intan Purnama Sari 

Mahasiswi Sastra Minangkabau Universitas Andalas, 


Solok Selatan adalah daerah yang memiliki moto Sarantau Sasurambi atau bisa dibilang sekawasan sepekarangan. Solok Selatan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sumatra Barat. Daerah ini memiliki luas kurang lebih 3.346,20 km² dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi. Pusat Pemerintahannya berada di Padang Aro, sekitar 161km dari pusat Kota Padang. 

Dengan daerah seluas itu Solok Selatan memiliki sangat banyak objek wisata. Objek wisata yang pertama itu ada Nagari Seribu Rumah Gadang. Seperti namanya di kawasan tersebut terdapat sangat  banyak rumah gadang, yang dimana rumah gadang itu adalah rumah khas Sumatra Barat. Bermacam model ukiran, bentuk, dan warna yang terpampang di rumah gadang tersebut. Kawasan ini berada di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat. Rumah tradisional Suku Minangkabau tersebut dijadikan sebagai objek wisata budaya untuk pelancong mengetahui bahwa tidak semua rumah gadang itu memiliki corak dan bentuk yang sama. Selain dijadikan objek wisata, ada juga beberapa dari rumah tersebut dijadikan Homestay untuk para wisatawan yang ingin mencoba bagaimana rasanya tinggal di rumah tradisional Suku Minangkabau. itu juga dapat menambah penghasilan untuk warga setempat.

Selanjutnya tidak hanya wisata budaya yang ada di Solok Selatan, ada juga tempat yang sangat asri dan sejuk di pandang mata karena luasnya yaitu Kebun Teh Liki. Kebun Teh Liki memiliki luas sekitar 2.025 hektar dengan ketinggian 600-1300 mdpl. Ketika berwisata ke tempat ini, wisatawan akan disuguhi hamparan pemandangan perkebunan teh yang sangat indah dan luas dengan latar belakang Gunung Kerinci. Lokasi Kebun Teh Liki ini berada di Lubuk Gadang Selatan, Jalan Padang Aro-Muaro Kecamatan Sangir.

Selain wisata budaya dan wisata yang sejuk, di Solok Selatan juga memiliki wisata panorama cantik eksotis. Di sana terdapat lukisan mahakarya alam dengan dinding-dinding gua yang bergurat dengan motif yang sangat indah, yaitu Goa Batu Kapal. Lokasi ini berada di Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan. Kenapa tempat ini dinamakan Goa Batu Kapal? Yaa karena lorong dari goa tersebut menyerupai seperti kabin kapal. Ketika memasuki bibir goa, wisatawan akan disambut dengan kelelawar dan walet di atap goa dan tak kalah serunya dengan rintik air yang jatuh disungai. 

Ada juga tempat destinasi terbaru di Solok Selatan yaitu Puncak Camintoran. Destinasi ini bisa dibilang sangat instagramable. Banyak spot foto yang tersedia disana seperti ayunan, hamparan bunga yang cantik sampai dengan gardu pandang. Puncak Camintoran juga memiliki suatu peninggalan sejarah yaitu, bak penampungan yang diyakini sebagai peninggalan Belanda. Ada juga Pohon Jomblo Seratus Tahun, pohon tersebut adalah pohon teh yang hanya sebatang tingginya mencapai 5 meter yang ditanam sejak zaman Belanda. Lokasi Punack Camintoran berada di Golden Arm, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Solok Selatan.

Di Solok Selatan juga ada tempat berenang, tetapi air disana tidaklah dingin melainkan panas atau biasa disebut Pemandian Hot Waterboom Sapan Maluluang. Pemandian ini memiliki temperatur air yang sangat panas yang berasal dari kaki gunung atap Sumatra, kerinci. Di tempat ini memiliki banyak kolam karena airnya sangat panas jadi temperatur yang digunakan untuk mandi harus disesuaikan agar aman untuk wisatawan bermain air. Ada satu kolam yang memilki temperatur yang sangat panas tanpa tambahan air apapun, kolam tersebut digunakan untuk merebus telur. Tidak butuh waktu lama untuk merebus telur dikolam tersebut karena memang temperatur airnya sangat panas dan mengeluarkan kepulan asap. Lokasi pemandian ini berada di Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauah Duo, Kabupaten Solok Selatan.

Masih banyak lagi tempat wisata yang sangat indah di Solok Selatan yang belum dapat disampaikan. Alam di Solok Selatan masih sangat lah indah, itu menjadi salah satu tugas untuk manusia yanghidup di daerah itu untuk merawatnya agar tetap tumbuh indah dan membuat baik nama Kabupaten Solok Selatan.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang