Menuju Nagari Digital, Wali Nagari Kampuang Galapuang Ulakan kembali manjakan warganya.



Ulakan, Padang Pariaman - Pemerintah Nagari Kampuang Galapuang Ulakan yang dinakhodai oleh Ali Waldana, ST. ini, semakin memperlihatkan keseriusannya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Dia ingin memanjakan masyarakat nagari, dengan mengembangkan pelayanan melalui aplikasi digital berbasis android. Dalam hal ini, Nagari Kampuang Galapuang Ulakan melakukan terobosan baru dalam hal memberikan pelayanan data dsn informasi dalam satu genggaman, yang dikenal dengan sebutan aplikasi Galapuang Go Gadget (GGG).


Banyak hal yang melatar belakangi munculnya inovasi Nagari Kampuang Galapuang Ulakan dalam mewujudkan pelayanan Digital ini. Tidak hanya dengan bertujuan untuk meningkatkan keefektifan pelayanan di Nagari tersebut, namun inovasi pembuatan aplikasi GGG ini, juga merujuk kepada Permendagri Nomor 7 Tahun  2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring. Aturan ini diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri, dalam rangka memutus rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. 


Meskipun Permendagri tersebut lebih tertuju kepada pelayanan publik di Dinas Dukcapil, namun hal tersebut juga memotivasi Nagari Kampuang Galapuang Ulakan untuk menghadirkan pelayanan digital kepada masyarakat. Hal ini dilakukan, juga dalam dalam upaya memutus rantai penyebaran virus COVID-19 ditengah masyarakat.


Fitur atau menu utama yang tersedia menyajikan layanan yang berkaitan dengan pengurusan surat-menyurat serta administrasi kependudukan, yang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Padang Pariaman.


Ketika ditemui di kantornya Jum'at (25/9) Wali Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Ali Waldana menjelaskan, Aplikasi GGG ini tidak hanya memberikan layanan pengurusan surat menyurat serta administrasi kependudukan bagi masyarakat, fitur tersebut juga menampilkan Profil Nagari serta setiap rancangan anggaran yang akan maupun yang telah direalisasikan di nagari Kampuang Galapuang. Hal ini dilakukan, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan dan dalam upaya mewujudkan transparansi tata kelola anggaran pemerintahan nagari.


"Dengan demikian, sederhananya aplikasi GGG menyajikan berbagai hal, mulai dari pelayanan data dan informasi, hingga semua yang dibutuhkan masyarakat mengenai nagari Kampuang Galapuang Ulakan akan tersedia menunya". Ujar Wali Nagari yang akrab disapa Awal ini.


"Karena itu, untuk memudahkan masyarakat Nagari Kampuang Galapuang mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan, serta mengetahui segala hal tentang Nagari Kampuang Galapuang". Tukas Awal menegaskan.


Wali Nagari Kampuang Galapuang beserta jajaran, juga menghimbau seluruh masyarakat Nagari Kampuang Galapuang baik yang di kampung maupun di rantau. Agar dapat mendownload aplikasi "Galapuang Go Gadget" (GGG) melalui google playstore, atau bisa juga Download disini. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mizanno.kampuanggalapuang


Aplikasi GGG ini, merupakan aplikasi yang memberikan pelayanan penuh bagi seluruh masyarakat Nagari Kampuang Galapuang Ulakan maupun di perantauan. Aplikasi yang dapat diunduh di handphone dan PC melalui google playstore ini, menyajikan berbagai macam fitur yang berkenaan dengan pelayanan dan informasi seputar Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis kabupaten Padang Pariaman. (AS)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang