Keunikan Wisata Pulau Pisang Sumatera Barat





Oleh: Retna Lisa 

Mahasiswa Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas


Sumatera barat merupakan provinsi yang terletak di pulau Sumatera yang berada di pesisir selatan. Sumatera barat yang sering disebut dengan Sumbar ini kaya akan keindahan alamnya. Sumatera barat memiliki bentuk geografis yang bergelombang berupa perbukitan dan berbatasan laut. Salah satu kota yang termasuk dalam Sumatera barat antara nya Kota Padang. Padang adalah kota terbesar di pantai barat pulau Sumatera. Tidak asing lagi kota ini memiliki banyak wisata yang tak kalah menariknya. yaitu wisata Pulau Pisang, siapa yang tidak pernah dengar dengan wisata Pulau Pisang? Pastinya kita semua sudah pernah mendengarnya bahkan pergi berlibur dengan teman dan keluarga. Jika kita sedang berkunjung ke Pantai Air Manis sempatkanlah untuk mampir ke Pulau Pisang untuk melihat keindahannya.

Pulau Pisang terkenal dengan kecantikan alamnya membuat para pengunjung pulau ini sangat bahagia menikmati keindahan pulau yang begitu menakjubkan. pulau ini terletak di sisi utara Pantai Air Manis. Selain batu Malin Kundang, kita juga bisa menikmati keindahan di pulau pisang yang berukuran kecil, namun pulau ini memiliki keunikan tersendiri karena tidak memerlukan kendaraan atau harus menyewa perahu membuang waktu yang lama untuk menuju kesana. Cukup dengan berjalan kaki sambil menikmati pantai yang terbentang luas dengan suara alunan ombak bergemercik serta angin yang berhembus.

pulau pisang ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Kita bisa melihat pulau ini berhiaskan dengan pohon-pohon kelapa nan tinggi menjulang yang tersusun dengan rapinya. Oleh karena itu pulau ini bisa dijadikan destinasi wisata untuk menenangkan fikiran melepas keletihan dari aktivitas keseharian. Walau pulau ini tak berpenghuni pengunjung tidak perlu khawatir tidak membawa bekal akan mau pergi berlibur kesini. Di sekeliling pantai tersedia cukup banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. 

Pulau pisang ini dibagi atas 2 yang dinamakan dengan pulau pisang kecil atau dalam bahasa Minang pulau pisang ketek dan pulau pisang gadang. Dalam suasana yang indah, pengunjung dapat melihat garis pantai serta bentangan laut yang luas di sekelilingnya. Dari kejauhan pengunjung juga dapat melihat pemandangan gunung padang yang terletak sisi utara pulau pisang.

Dari tepi lautan kita juga bisa melihat Pulau Pisang Gadang, berbeda dengan Pulau Pisang Kecil, pulau Pisang Gadang berpenghuni dengan rata-rata penduduk disana mata pencariannya sebagai nelayan. Untuk melihat keindahan Pulau Pisang gadang ini pengunjung dapat menggunakan perahu atau motor sewaan. Dipulau ini kita bisa melihat begitu banyak kerang-kerang, kepiting, ikan-ikan hias kecil yang menghiasi Pulau. Tak heran jika pengunjung ingin berlama-lama berliburan di pulau satu ini.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang