Keunikan Wisata Lembah Harau , Sumatera Barat



Oleh :Kezy Sepriani

Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Andalas

Sumatera barat adalah salah satu kota di indonesia yang terkenal karena keajaiban alamnya. Sumatra barat memiliki bentuk geografis yang bergelombang berupa perbukitan dan perbatasan laut. Salah satu kota yang termasuk dalam sumatera barat antaranya kota payakumbuh. Kota Payakumbuh terletak di daerah dataran tinggi yang merupakan bagian dari Bukit Barisan. Berada pada hamparan kaki Gunung Sago, bentang alam kota ini memiliki ketinggian yang bervariasi.  Tidak asing lagi kota ini memiliki wisata yang tak kalah menariknya, yaitu wisata Lembah Harau. Siapa yang tidak pernah dengar  dengan wisata Lembah Harau? Pastinya kita semua sudah pernah mendengarnya khusunya buat kita yang berada di Sumatera Barat. 

Lembah Harau adalah objek wisata alam andalan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau adalah merupakan sebuah lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang. Bukit tersebut antara lain adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang. Yang tak kalah menarik di Lembah Harau ini adalah keberadaan Lembah Echo, dimana suara teriakan kita akan bergema dan memantul kembali ke arah posisi kita memanggil atau berteriak.



Objek wisata Lembah Harau sudah lama terkenal sebagai salah satu kawasan wisata alam nan indah,unik dan menakjubkan. Betapa tidak, sepanjang jalan menuju kawasan Lembah Harau, mata para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam persawahan penduduk yang membentang luas pada bagian kiri- kanan jalan. Setelah disuguhkan pemandangan keindahan alam, pelancong juga akan disuguhkan pemandangan nan unik dan menawan yakni bukit batu cadas yang menjulang tinggi mengelilingi kawasan objek wisata Lembah Harau.  




Keunikan Lembah Harau tak hanya terletak pada pemandangan tebing cadas yang curam berwarna kemerah-merahan dan air terjunnya yang terus mengalir memberikan kesejukan. Namun,  kawasan wisata Lembah Harau ini semakin menarik untuk dikunjungi, karena adanya kawasan wisata baru bernama Kampuang Sarosah menawarkan nuansa luar negri seperti Menara Eiffel, Menara Pisa Roma, Jembatan San Fransisco, Big Ben London, dan beberapa tempat terkenal di Eropa lainnya. Dengan dibangunnya wisata kampung eropa harau ini tentu menjadi daya tarik yang begitu besar bagi wisatawan untuk berbondong-bondong mengunjunginya. 


Wisata kampung eropa di Lembah Harau ini patut untuk kamu kunjungi karena menyediakan beragam spot foto bagus yang bisa membuatmu senang melakukakan aktifitas swafoto. Perlu kamu tahu, di wisata ini tidak hanya ada spot foto bernuansa Eropa saja. Tetapi juga ada spot foto dan wahana menarik lainnya yang tak kalah kece antara lain seperti: Zip line bike, balon udara, naik sampan di area kolam, permainan untuk anak dan lain-lain. Tak hanya itu, di kawasan Kampuang Sarosah yang memiliki spot bangunan Rumah Gadang sebagai tempat penginapan, ini juga memiliki spot unggulan lain.


Kini, Kawasan Kampuang Sarosah seluas 10 hektare ini, juga kembali menghadirkan theme park baru yaitu Kampung Korea Jepang. Lembah Harau semakin menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik, ketika pengelola objek wisata Spot baru Kampung Korea dan Jepang ini menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung, karena menghadirkan sebuah nuansa seolah-olah para pengunjung sedang berwisata di luar negeri yakni Kampung Korea dan Jepang.

Lembah harau adalah salah satu pusat wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Lembah Harau  menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Nah buat kamu yang ingin berlibur ke Sumatera Barat, Lembah harau adalah destinasi wisata yang anti mainstream. pemandangan tebing cadas yang curam berwarna kemerah-merahan dan air terjunnya yang terus mengalir memberikan kesejukan mampu membius mata dan membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Selain menyajikan keindahan alam,  lembah harau juga menyediakan banyak wahana menarik untuk dijadikan spot foto.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang