Keindahan Objek Wisata Kota Pariaman



Oleh: Leni Mustia

Jurusan Sastra Minangkabau, FIB, UNAND


Pantai Gandoriah adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak sekitar 100 meter dari pusat kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Pantai Gandoriah berjarak sekitar 60 km dari Kota Padang yang merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang disertai dengan hembusan angin sepoi serta pemandangan dengan pulau-pulau kecil. Perpaduan posisi yang strategis, panorama yang indah, dan konturnya yang landai, membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata pantai paling populer di sini.

Pantai ini terkenal akan keindahan pantainya, maka tak heran pantai ini selalu ramai oleh para wisatawan yang berkunjung setiap harinya. Terutama pada saat hari libur dan hari besar lainnya, kawasan objek wisata Pantai Gandoriah ini nyaris selalu dipadati pengunjung. Terlebih, sejak beroperasinya kembali kereta api yang melayani penumpang jurusan Padang-Pariaman yang telah berdampak terhadap bertambahnya jumlah wisatawan yang berkunjung kepariaman.


Panorama laut yang indah menjadi salah satu keunggulan dari Pantai Gandoriah ini. Selain pantai disini juga terdapat 6 pulau kecil yang sangat indah dan memberikan keunikan tersendiri dari pantai tersebut. Keenam pulau itu adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando. Selain panorama laut yang sangat indah, sebagian besar pulau ini bisa juga disinggahi oleh wisatawan dengan hanya menempuh perjalanan sekitar 20 menit saja.

Tak heran, pengunjung yang datang ke Pantai Gandoriah betah berlama-lama menikmati keindahan pantai sambil mencicipi makanan ringan yang dijual pedagang. Pengunjung hanya duduk di tempat yang telah disediakan yang berada di tepi pantai setelah itu pedagang dengan sendirinya datang menjajaki makanannya,pengunjung juga bisa memilih makanan yang disukai seperti sala lauak, kerupuk kuah, pensi,langkitang, dan berbagai jenis makanan lainnya.


Di Pariaman bukan hanya Gandoriah saja yang terkenal, pantai kata, pantai cermin, pantai penyu, dan tiram juga terkenal dengan spotnya masing- masing.

Pantai penyu yang jaraknya hampir dekat dengan Gandoriah mempunyai spot yang sangat bagus seperti banyaknya penangkaran penyu dari yang kecil sampai yang besar, tempat berfoto-foto bagi wisatawan yang ingin berkunjung juga ada disitu yaitu hutan mangrove yang baru saja trend dikalangan anak muda, hutan mangrove ini dilengkapi juga dengan jembatan supaya wisatawan lebih leluasa berjalan sambil menikmati indahnya hutan mangrove. 

Pantai cermin yang jaraknya dekat dengan Gandoriah juga mempunyai spot tersendiri namun spotnya tidak sebagus Gandoriah, disitu banyak cafe-cafe tempat nongkrongnya anak muda-muda, jika ingin berolahraga di pantai cermin juga ada disediakan lapangan futsal, lapangan basket, badminton, dan jika ada yang ingin berolahraga dengan sepeda juga disediakan disana, dipantai cermin juga ada taman Anas Malik yang ditujukan untuk pengunjung dengan keluarga, karena disitu disediakan tempat bermain anak-anak, buaiyan, jika ada keluarga yang membawa bekal dari rumah disitu juga disediakan tikar untuk duduk bersantai-santai di bawah pohon yang rindang.

Pantai kata tidak kalah menariknya sama pantai yang lainnya. Disana sekarang sudah ada spot yang baru yaitu batu warna-warni yang sangat cocok untuk foto OOTD untuk yang pecinta fotografi. Selain itu juga banyak payung tempat duduk jika ingin memesan makanan. Makanan dipantai kata kebanyakan sejenis mie pedas dengan berbagai nama yang berbeda-beda tapi makanannya tetap sama yaitu sejenis mie.

Disitu juga ada musholla jika ingin sholat, juga ada mobil-mobilan untuk anak-anak.

Pantai tiram, tiram dikenal dengan makanannya yang hits, yaitu nasi kapalo lauak, banyak pengunjung yang ingin kesana cuman hanya menikmati makanan nya saja,bukan hanya makanan saja yang kita dapati disana ,sekarang sudah dilengkapi dengan jembtan untuk bisa menyebrangi sungai tersebut hingga sampai ke pulau yang dekat dengan tempat makanan tersebut, dipulau itu juga banyak pedagang yang berjualan sambil menyewakan buaiyan dan tikar jika ingin duduk bersantai sambil meikmati sejuknya angin sepoi-sepoi. Di tiram sekarang juga ada tempat foto yang lagi trend yaitu Talaoa, disitu kita dapat berfoto sambil menikmati jernihnya air muara sambil berjalan di atas jembatan kayu yang disertai pohon-pohon salak ditepiannya.

Itulah tempat wisata yang ada di Kota Pariaman, jika kalian penasaran silahkan diliat di google, youtube, ataupaun langsung ke Kota Pariaman. Pasti Anda akan terkejut dan terdiam karena saking indahnya dan nyaman. Wisata di Pariaman tidak bayar untuk masuknya, alias gratis, Tapi kalian cuman membayar parkir ataupun makanan yang ingin kalian pesan, di Pantai Gandoriah bukan hanya makanan dan spot nya saja yang indah,tapi disitu juga menyediakan tempat belanja baju, peralatan dapur karena pasar sangat dekat disitu. Jika kalian belum puas seharian di pantai itu kalian juga bisa menginap disitu di  Hotel Nan Tongga yang jaranknya sangat dekat dengan Gandoriah.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang