Keindahan Objek Wisata Danau Kembar di Nagari Dingin Tanpa Salju



Oleh:wido deska putra,mahasiswa Sastra Daerah,Universitas Andalas.

Sumatra Barat merupakan satu dari sekian bnayak provinsi di Indonesia yang dianugerahi  Danau-danau indah sebut saja Danau Singkarak,Danau talang yang tekenal. Disamping ke dua danau tersebut sumbar memiliki dua bauh danau lagi yang tak kalah bagusnya. 

Danau kembar terletak di Kebupaten Solok, tepatnya di Alahan Panjang. yang mana namanya danau kembar tentu tidak hanya satu dibagi menjadi dua. Danau atas dan danau bawah.

Danau Diatas terletak dijalan pinggir Padang Muara Labuh. Sedangkan Danau Dibawah berlokasi di nagari Bukik Sileh Kecamatan Lambang Jaya. Danau Diatas dan Danau Bawah letaknya berdampingan hanya berjarak 300 meter saja.

Ketika berada dikawasan Danau Kembar pasti orang bertanya tanya mengapa danau yang terletak diatas bukit  disebut dengan Danau dibawah, sedangkan danau yang terletak di bawah bukit di sebut dengan Danau Diatas. Ternyata hal ini dikerenakan ketinggian air Danau Dibawah sama tinggi dengan dasar Danau Diatas.

Lokasi danau ini sangat strategis dan terletak di ketinggian maka tak heran bahwa disana sangat lah dingin. Danau kembar menyajikan pemandangan yang sangat indah, berlatar pegunungan yang dibelut kabut. Kawasan Danau Atas dan Danau Bawah sedang dikembangkan menjadi objek wisata oleh pemerintah setempat. Pemerintah berupaya mengembangkan kawasan ini melalui pembangunan resort di pinggir -pinggir Danau. Selain itu pemerintah juga ingin menjadikan sebagai agro wisata nantinya, pengunjung bisa menikmati danau sambil menikmati pemandangan hamparan kebun sayar-mayur, buah-buahan dan perkebunan teh yang hujau. Dan bagi pengunjung yang hobi memancing juga bisa menyalurkan di Danau kembar, terhihat jika hari sudah sore banyak sekali masyarakat yang mencoba melepaskan penatnya untuk bersantai sambil memancing di pingiran-pingiran Danau.

Di sekitar Danau pengunjung juga tidak terlalu panik untuk bermalamam disana karena ada villa-villa dan penginapan yang ada disana. Melakukan wisata air keliling tentu itu adalah hal yang biasa dilakukan oleh pengunjung disana berkeliling danau menikmati jernihnya air melihat ikan-ikan kecil berenang dengan menyewa perahu masyarakat setempat yang hanya 5.000 per orang atau bisa melakukan outbound dan trekking. Jika lelah sehabis berwisata air juga bisa beristirahat di gazebo di pinggir danau atau membeli pernak pernik oleh-oleh yang di jajakan diwarungwarung kecil yang ada disanana.  Disekitaran Danau kita juga bisa melihat keindahan-keindahan tanaman masyarakat di sana yang bertani bawang, tomat, dan buah-buahan lain yang yang tumbuh subur. Jika ingin pergi 


berwisata kesana pastikan juga cuaca tidak hujan karena Alahan Panjang merupakan kota dingin tampa salju

Luas Danau Diatas adalah 1,720meter persegi dengan panjang ,25kilometer serta lebarnya 2,27kilometer permukaan airnya berada di ketinggian1,600meter, untuk kedalamanya sekitar 44 meter.

Sedangkan untuk Danau Dibawah ketinggianya 1,566mdpl. Hal ini menunjukan jika airnya  sama tinggi dengan dasar air danau diatas. Danau Bawah memiliki luas 1,690meter persegi panjang 5,62kilometer dan lebar 3 kilometer dengan kedalaman mencapai 886 meter.

Untuk pergi kesana kalau dari kota Padang membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam sekitar 60kilometer perjalanan, selama perjalanan akan akan menyaksikan bukit-bukit yang hijau jalan yang berkelok-kelok dan juga akan menyaksikan keindahan hamparan kebun teh Kayu Jao yang menghijau sepanjang mata memandang tentu disana kita akan ufara yang sejuk dan pemandangan yang elok hijaunya. Hijau hamparan kebun teh, udara yang segar dan bersih dangan berlatar tingginya puncak gunung talang. Yang membuat badan tidak terasa capek selama perjalanan.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang