Jam Gadang ikon Sumatera Barat



oleh: Enjeli Novita Sari

 Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas



Sumatera Barat merupakan sebuah daerah yang banyak sekali menyimpan berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik, dikagumi dan bahkan keindahannya telah banyak diakui oleh negara lain. Salah satunya Jam Gadang, siapa sih yang tidak tahu dengan tempat wisata yang satu ini. Jam Gadang terletak di kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) yaitu merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sampai saat sekarang masih menjadi objek wisata yang selalu ramai di kunjungi.

Konon katanya, arsitek Jam Gadang dibangun oleh dua orang putra Minang dan mengalami tiga kali perubahan atap dimana bentuk atap pertama pada masa Belanda berbentuk ayam. Namun, pada zaman Jepang dirubah kembali menjadi kelentang dan pada saat Indonesia merdeka dirubah lagi menjadi gonjong yang merupakan ciri khas atap rumah gadang di Minangkabau.

Ukuran dasar bangunan Jam Gadang yaitu 6,5 x 6,5 meter, ditambah dengan ukuran dasar tangga selebar 4 meter, sehingga ukuran dasar bangunan keseluruhan 6,5x 10,5 meter. Bagian dalam menara jam setinggi 36 meter, terdiri dari beberapa tingkat, dengan tingkat teratas merupakan tempat penyimpanan bandul. Terdapat 4 jam dengan diameter masing-masing 80cm pada Jam Gadang. Jam tersebut didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda.

Jam Gadang merupakan jam terbesar kedua di dunia selain jam Bigben yang memiliki mesin yang sama dan yang membedakan hanya ketinggiannya saja. Adapun keunikan Jam Gadang yaitu angka pada jarum jam empat yang tertulis tidak dengan angka romawi, akan tetapi selain angka empat samuanya ditulis dengan huruf romawi.

Tidak sah berkunjung ke Sumatera Barat tanpa singgah dan mengabadikan moment di Jam Gadang Bukittinggi. Pada saat sekarang Jam Gadang jauh lebih bagus dari sebelum-sebelumnya, karena Jam Gadang telah di renovasi menjadi tempat wisata yang begitu bagus dan tidak kalah dengan tempat wisata yang lain. Disekitaran Jam Gadang kini telah dibuat taman yang begitu indah dan juga disediakan air mancur yang dihiasi lampu warna-warni.

Tidaklah rugi jika berkunjung ke Jam Gadang, karena mata kita akan dimanjakan oleh keindahan-keindahan yang ada disana. Bukan hanya wisata Jam Gadang saja yang ada di Bukittingi akan tetapi masih banyak wisata yang bagus dan indah lainnya yang tidak kalah menarik dari Jam Gadang yang wajib dikunjungi.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang