Geopark Ranah Minang Silokek



Oleh : Wiska Nofratia

(jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Andalas)

Geopark Silokek merupakan tempat wisata yang ada di kabupaten Sijunjung provinsi Sumatera Barat, dan telah diresmikan pada hari kamis (25/4) di simpang tugu Muaro Sijunjung. Lokasinya berjarak sekitar 16 kilometer dari Muaro Sijunjung (Ibu kota kabupaten Sijunjung). Tepatnya, di jorong Tanjung Medan, Nagari Silokek. Wisata ini merupakan salah satu destinasi unggulan di kabupaten Sijunjung.

Tak sulit untuk sampai ke objek wisata alam itu. Kita hanya butuh waktu 15 menit dari pusat ibu kota Sijunjung. Rasa lelah selama menempuh perjalanan akan terbayar ketika kita sampai di wisata alam tersebut. Di situ terdapat tebing-tebing berbatuan menjulang tinggi, tebing berbatuan tersebut kabarnya telah berdiri ratusan tahun. 



 Geopark Silokek mempunyai unsur keindahan alam yang eksotik yang merupakan warisan geologi dan budaya serta memiliki keragaman fauna dan flora. Salah satu pemandangan yang menarik di Geopark Silokek adalah adanya aneka batuan yang terdiri dari kelompok batuan gamping, sedimen, metamorf dan granit. 

 Di kawasan Geopark Silokek juga terdapat aliran sungai batang kuantan. Airnya yang deras cocok untuk menikmati olahraga ekstrem arung jeram. Beberapa waktu lalu, di aliran sungai ini juga diadakan iven arung jeram kelas dunia. Tatkala menarik saat ini status Geopark Silokek sebagai Geopark nasional. Sekarang kabupaten Sijunjung mengusulkan ke Geopark Global UNESCO, untuk mendorong Geopark Silokek ke UNESCO berharap dukungan dari IAGI pusat. Karena secara umum batuan Silokek sangat unik.

Nah, bagi anda yang menikmati liburan panjang. Tak salah berkunjung ke Geopark Silokek. Untuk masuk ke wisata alam satu ini tidak dipungut biaya. 

Namun jangan heran, di Geopark Silokek tak ada jaringan seluler. Karena berada dibalik perbukitan.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang