Bukit Cati, Surga Tersembunyi di Kandang Baru-Sijunjung



Oleh : Sarah Muthia Fatmi, Mahasiswa Sastra Minangkabau, FIB, Unand

 Sijunjung merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang terkenal dengan berjuta spot petualangan yang eksotis. Kondisi alam yang subur di sekeliling kabupaten ini menjadi suatu anugerah tersendiri bagi Sijunjung.  Daerah yang dikelilingi oleh Bukit Barisan ini, memiliki banyak potensi wisata alam yang sangat beragam, seperti sungai, air terjun, goa, serta bukit-bukit yang indah.

Wisata menurut KBBI adalah bepergian secara bersama-sama dengan tujuan untuk bersenang-senang, menambah pengetahuan dan lain-lain. Selain itu juga dapat diartikan sebagai bertamasya atau piknik.  

Akhir-akhir ini, bukit-bukit yang menjulang indah di kawasan Sijunjung menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi. Salah satunya adalah Bukit Cati. Bukit Cati merupakan singakatan dari “Bukik Capang Tigo” atau bukit yang bercabang tiga.

Wisata Bukit Cati cukup menarik perhatian karena menawarkan pemandangan yang sangat mempesona. Bukit Cati memberikan pemandangan alam yang indah bagi siapa saja yang mengunjunginya. Bukit Cati sangatlah sejuk serta menyejukkan, yang dikelilingi oleh pepohonan besar nan menghijau. Inilah yang membuat bukit ini menjadi asri. Selain melihat pemandangan yang hijau, kita juga bisa melihat daerah tetangga Sijunjung dan kantor DPRD Kabupaten Sijunjung dari puncaknya.

Bukit Cati juga terkenal dengan fenomena sunset dan sunrisenya. Banyak dari kalangan anak muda yang sengaja datang pada sore hari untuk menyaksikan sunset atau matahari terbenam. Selain itu, banyak juga yang sengaja datang pagi-pagi hari ke puncak untuk menyambut sunrise atau matahari terbit yang bersanding dengan bukit-bukit di sekitar Bukit Cati ini. Matahari yang berwarna keemasan yang eksotis menembus celah-celah daun nan hijau. Sehingga pengunjung merasa terposana seakan berada di negeri di atas awan.


Tak jarang karena suasananya yang sangat nyaman, banyak pengunjung yang memilih untuk camping disini. Selain tempatnya yang nyaman dan tenang, udara pagi di Bukit Cati begitu menyegarkan dan menenangkan jiwa. Oleh karena itu, bukit ini menjadi tempat yang menarik untuk menghabiskan waktu, sebab benar-benar memuaskan dan memanjakan mata pengunjungnya.

Bukit dengan ketinggian 519 meter di atas permukaan laut ini menjadi tempat piknik, refreshing, dan berakhir pekan oleh masyarakat Sijunjung, khususnya kalangan muda-mudi. Kegiatan wisata ke perbukitan ini diharapkan dapat menyegarkan fikiran, menenangkan hati, dan menyegarkan otak dari hiruk pikuk kota, stres karena tugas-tugas yang datang silih berganti dan masalah-masalah yang membuat depresi. Sehingga setelah berpetualangan ke bukit ini mampu menciptakan pikiran yang lebih segar dan positif.  

Selain itu, Bukit Cati juga merupakan kawasan untuk olahraga udara seperti olahraga paralayang. Pada tahun 2017 lalu, di kawasan Bukit Cati ini menghadirkan atlit-atlit paralayang Sumatera Barat yang take off di Bukit Parantian yang letaknya di sebelah Bukit Cati dan lending di Ujung Tanjung, Nagari Kandang Baru, Sijunjung.

Bukit Cati ini tepatnya berada di Nagari Kandang Baru, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Akses jalan menuju Bukit Cati ini tidak begitu sulit dan menantang. Untuk sampai ke puncak, kita memang harus melalui jalan tanah yang menanjak dan berlika –liku sekitar 45 menit sampai 1,5 jam tergantung dari fisik pengunjungnya masing-masing.  Oleh karena akses jalannya yang mudah inilah Bukit Cati ramai dikunjungi wisatawan.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang