BUDIDAYA STROBERI MENJADI OBJEK WISATA

 


Oleh : Febria Mayang rahayu

(mahasiswa Sastra Minangkabau Universitas Andalas)


Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya. Provinsi Sumatera Barat terletak di sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan sebelah timur , pegunungan seperti gunung Talang gunung Merapi  dan lain sebagainya, dan sejumlah pulau lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Sumatera Barat juga kaya dengan objek wisatanya, wisata menurut KBBI adalah bepergian secara bersama-sama dengan tujuan untuk bersenang-senang, menambah pengetahuan, dan lain-lain. Selain itu juga dapat diartikan sebagai bertamasya atau piknik.

Berwisata, terutama disaat weekend itu adalah salah satu kebutuhan masyarakat Sumbar, untuk merehatkan pikiran sejenak setelah lelah dari bekerja, Ternyata itu salah satu terapi pikiran yang menyenangkan. Sumatera Barat sebagai salah satu Provinsi yang kaya akan objek wisatanya Negeri yang indah dan asri ini di manfaatkan masyarakat untuk membuat objek wisata yang bisa di nikmati oleh wisatawan. 

Jika wisatawan sudah merasa bosan dengan objek wisata lain, apa salahnya para wisatawan mendatangi Nagari Alahan Panjang, kabupaten Solok. di sini tidak hanya Kebun Teh saja objek wisatanya ada juga, Danau Kembar, Embung Sungai Nanam, Bukit Cambai, Pimpiang, Kebun Stroberi, bahkan pemandian Air Panas. Alahan Panjang ini terkenal juga dengan suhu nya yang sangat dingin dari pada kota-kota lain yang ada di Sumatera Barat , keasrian alamnya dan pemandangan yang sangat indah membikin mata terpukau melihat lahan pertanian masyarakat di pinggir jalan. 

Penduduk Alahan Panjang mayoritas pencariannya sebagai petani, pedagang, dan buruh tani. Stroberi salah satu isi kebun masyarakat Alahan Panjang yang di budidayakannya diladalam polibek dan disusun rapih. Para petani stroberi membuka lahannya sebagai objek wisata yang sangat ramai dikunjungi para wisatawan. Disana wisatawan bisa menikmati hamparan stroberi yang sangat luas dan tersusun. Ketika masuk ke objek wisata kebun stroberi, wisataan di persilahkan untuk memetik buah stroberi sendiri dan penjaga telah menyediakan keranjang jika memang ingin memetik buahnya. Memetik buah stroberi menjadi kesenangan tersendiri oleh wisatawan.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang