Ragam Wisata di Minangkabau


Oleh  :  Maurina Khairunissa Yusri

Ilmu Budaya jurusan Sastra Daerah Minangkabau Universitas Andalas 

​Minangkabau atau yang biasanya disingkat dengan kata Minang merujuk kepada kultural dan geografis yang ditandai dengan bahasa, adat yang menganut sistem kekerabatan metrilineal dan identitas agama islam. Minangkabau sendiri secara geografis banyak berada pada daratan Sumatera Barat seluruhnya, sebahagian Provinsi Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Bengkulu, di Minangkabau sendiri dikenal dengan adat nya yang beragam-ragam macamnya. Adat di Minangkabau merupakan adat yang memegang teguh tradisi yang telah turun temurun dari generasi ke generasi.  Hingga kini pun masyarakat Minang masih menjaga kelestarian adat dan budaya yang ada di Minangkabau dengan berbagai macam cara agar tidak punah begitu saja. Karena Minangkabau yang masih kaya akan adat dan tradisi ini lah yang dapat menarik turis untuk berkunjung ke Negeri Minang, banyaknya masyarakat yang berada di luar Minang atau spesifknya di luar Sumatera Barat yang ingin mengetahui adat dan tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat Minang hingga saat ini. Cara–cara yang dipakai biasanya dengan memperkenalkan budaya Minang kepada masyarakat luar, agar mereka pun tahu dan mengenal adat-adat yang ada di Negeri Minang. Hal-hal ini dapat meningkatkan aspek pariwisata bagi masyarakat Minang sendiri. Masyarakat minang pun terkenal sangat ramah kepada para turis atau wisatawan yang berkunjung, Sumatera Barat pun membesakan turis untuk berwisata di Sumatera Barat dan tidak pernah membeda-bedakan para turis yang datang. Tempat-tempat wisata Minangkabau yang sebagian besarnya berada di Sumatera Barat sendiri pun sangat beragam-ragam macamnya, dari wisata adat, kuliner hingga wisata alam disajikan di Negeri Minang. Kini perubahan yang dilakukan oleh pemerintah Sumatera Barat dalam bidang wisata sangatlah baik, pemerintah sangat berusaha dalam memajukan aspek wisata di Sumbar ini dengan berbagai cara. Banyaknya pembangunan-pembangunan dan pembaharuan yang dilakukan, menjadikan tempat wisata menjadi lebih nyaman dan aman bagi para wisatawan yang berkunjung.

​Dari banyaknya pilihan wisata yang di tawarkan di Sumatera Barat ini salah satu yang menjadi tempat yang sagat patut untuk dikunjungi yaitu Museum Adityawarman yang berada di kota Padang yakni di Jl. Diponegoro No 10 Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, di Museum Adityawarman ini dapat ditemukannya benda-benda bersejarah. Museum ini juga merupakan salah satu museum terpenting yang mengangkat sejarah Minangkabau dan peninggalan kebudayaan masyarakat Minangkabau sejak masa prasejarah hingga era modern. Di sini dapat ditemukannya berbagai macam pernak-pernik kehidupan masyarakat Minangkabau. Museum inipun memiliki referensi peninggalan sejarah yang cukup beragam-ragam tentang berbagai aspek kebudayaan Minangkabau dan Sumatera Barat. Tidak hanya Museum Adityawarman saja yang dapat di kunjungi di Sumatera Barat, tetapi ada juga Museum Rumah Adat Baanjuang Museum ini terletak di kota Bukittinggi yakni di Jl. Cindua Mato No. 1, Benteng Pasar Atas. Museum ini berada di lokasi yang sangat strategis yaitu di pusat kota Bukitting, museum ini berada di kawasa Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan. Di dalam museum ini dapat ditemukannya berbagai jenis binatang yang telah di awetkan, binatang yang di awetkan tersebut sebagian besar merupakan hasil dari sisa-sisa fosil kebun binatang Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan itu sediri. Binatang-binatang yang di awetkan tersebut juga memiliki keunikan tersendiri pada masing-masingnya. Di dalam museum ini juga dapat ditemukan miniatur-miniatur arsitektur tradisional suku Minangkabau, berbagai macam peralatan rumah tangga di Minangkabau yang sebagian besarnya adalah alat memasak, pakaian adat Minangkabau, hingga alat yang biasa digunakan berburu oleh masyarakat Minangkabau ada di dalam museum ini.

​Selain wisata budaya dan pendidikan yang ada di Minangkabau, di Sumatera Barat sendiri terkenal dengan wisata kulinernya yang sangat amat menggugah selera siapapun. Di sendiri terkenal dengan Nasi Kapau, nasi kapau merupakan nasi rames khas negeri Kapau, Tilatang Kamang, Agam. Jika ke Bukittinggi akan banyak sekali dapat ditemukan nasi kapau ini, nasi disajikan dengan tambunsu, ini lah yang membuat nasi kapau berbeda dengan nasi padang. Di daerah ngarai juga dikenal dengan Itiak Lado Mudo nya yang sangat nikmat, itiak lado mudo ini merupakan olahan itik yang diberi cabai hijau yang sangat lezat. Di Payakumbuah juga dapat ditemuannya wisata kuliner yang nikmat yaitu sate danguang-danguang, yang membuat beda sate danguang-danguang dengan sate kebanyakan yaitu sate yang pada umumnya menggunakan daging yang dipilih, sedangkan sate danguang-danguang sendiri merupakan daging dari otot dan jeroan, berbeda dengan sate lain yang menggunakan daging dari punuk sapi.

​Alam yang disajikan di Sumatera Barat pun tidak kalah menarik dengan yang lainnya, banyak nya wisata alam yang dapat dikunjungi di Sumatera Barat Danau Maninjau contohnya. Danau Maninjau merupakan sebuah danau yang berada di Kabupaten Agam, Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang terbentuk karena erupsi vulkanik dari gunung Sitinjau yang telah terjadi kurang lebih 52.000 tahun yang lalu. Daya tarik yang disajikan oleh Danau Maninjau terletak pada panorama alamnya yang bisa dinikmati dari kejauhan, spot terbaikk untuk dapat menikmati keindahan Danau Maninjau dari tengah kawasan yang disebut kelok 44, yaitu dari sekitar kelok 23, hingga kelok 30. Di sekitar area inilah pemandangan bentangan danau yang dihiasi hamparan sawah nan subur terlihat sangat indah dan dapat memberikan ketenangan hati bagi mereka yang menyaksikannya. Masih banyak lagi objek wisata yang dapat ditemukan di Nagari Minangkabau yang tidak dapat sebutkan semuanya di sini.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang