Langsung Eksis: FKMPI (Forum Orang Piaman) Kerjasama Bela Diri Dengan TNI AD


www.jurnalissumbar.id


Forum Komunikasi Masyarakat Piaman Indonesia (FKMPI) yang belum lama ini terbentuk, sudah langsung berkarya dan bekerja. Forum ini didirikan oleh para tokoh Piaman (asal Kota Pariaman/ Kabupaten Padang dan sekitarnya), salah satunya H. M. Armawi Koto, yang akrab disapa Dewa.

Dewa juga dipercaya sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) FKMPI. Ia sebelumnya juga merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP), namun saat ini lebih fokus di FKMPI.



“Forum ini ada untuk orang Piaman dimanapun berada. Kami jadikan sebagai wadah komunikasi, demi mempererat tali silaturrahmi, bukan untuk politik praktis/ pragmatis. Karena; baik di rantau, maupun di ranah (kampung halaman) orang Minang, khusus Piaman sangat kuat kekerabatannya. Itu yang kita kedepankan” ungkap Dewa, belum lama ini.

“Maka, FKMPI langsung bergerak sejak berdiri dan membentuk Dewan Pimpinan Kabupaten/ Kota (DPK) di Indonesia. Bukan itu saja, kita juga mencanangkan beberapa program nyata, bukan wacana,” imbuhnya.

"Beberapa kerjasama dan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh FKMPI adalah kerjasama budaya dengan adat Melayu Malaysia, membantu korban Covid-19; di rantau dan di ranah serta kemarin sudah tanda tangan kerjasama dengan TNI Angkatan Darat (AD) untuk latihan bela diri, yakni Silek Harimau Lalok (Bela diri silat orang Minangkabau)".



Sementara itu, Datuak Majolelo Lareh Nanpanjang Pembina Silek Harimau lalok Indonesia dengan bangga menyatakan, bahwa Harimau Lalok mengukir sejarah baru dunia Persilatan menjadi salah satu beladiri TNI. (RPG Networks)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang