Waspada Hoax di Media Sosial

Oleh: Tricia Monika
Mahasiswa Sastra Minangkabau
Universitas Andalas


Akhir-akhir ini terdapat banyak sekali berita yang tersebar di media sosial yang tak sesuai dengan kenyataan yang ada. Berita atau informasi yang disebarkan itu dikenal  dengan istilah “Hoax”. Hoax ini disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Apalagi pada masa pandemi Covid 19 ini sangat banyak oknum-oknum yang menyebarkan berita-berita palsu di media sosial. Penyebaran haox selama pandeni Covid 19 telah menjadi sebuah keresahan dalam masyarakat.

Media sosial memiliki keunggulan yaitu kemudahan dalam menerima informasi. Dengan mudahnya kita bisa menyebarkan informasi di internet dan banyak juga informasi yang bisa kita baca di media sosial. Namun sangat disayangkan tidak semua informasi yang ada di media sosial ini memberikan informasi yang layak untuk disebarkan. Terdapat banyak informasi yang tidak benar dan tidak sesuai dengan kenyataan yang tersebar luas di media sosial. 

Berita palsu atau hoax yang kian mewabah di tengah-tengah masyarakat tentunya akan menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Akibatnya psikolog seseorang akan terganggu dan dapat menyebabkan stres sehingga berdampak buruk kepada tubuh. Apalagi jika hoax yang disajikan itu mengenai pandemi Covid 19 yang sedang melanda dunia saat ini. Seperti yang kita ketahui bahwa informasi-informasi di media sosial ini sangat mudah di akses. Dengan berbagai kemudahan di media sosial ini, masyarakat cenderung untuk tidak memilah-milah informasi yang dibaca dan juga informasi yang disebarkan. Misalnya saja, kita mendapatkan sebuah berita di media sosial lalu kita sebarkan juga ke media sosial yang lainnya tapi kita belum tahu apakah berita ini benar adanya atau hanya hoax saja. Hal yang kita lakukan ini hanya akan menambah keresahan dalam kehidupan sosial kita. 

Dalam membaca berita dan mencari informasi, akan lebih baik jika kita membaca dan mencari informasi dari media-media yang telah terpercaya. Agar berita yang kita dapatkan itu sesuai dengan kebenaran dan nantinya tidak menimbulkan keresahan. Sebagai penikmat informasi tentu juga kita harus menyaring berita yang ada dalam media sosial. Kita harus membaca berita dengan logika dan jangan sampai semua informasi yang ada dalam media sosial itu kita telan semuanya sehingga hanya akan memberikan dampak buruk bagi kita sebagai pembaca. 

Media sosial sebagai pemberi informasi memang sangat berguna bagi masyarakat dalam memdapatkan berbagai informasi. Namun, kita juga harus waspada dalam menerima informasi yang tersebar di media sosial. Dengan banyaknya hoax yang beredar dalam media sosial tentu ini akan menjadi sebuah bahaya dan juga keresahan dalam masyarakat untuk mendapatkan mana informasi yang layak dan tidak layaknya untuk dibaca. Maka dari itu hendaklah dalam membaca berita atau informasi sangat diharapkan untuk memilah-milah imformasi yang akan baca sehingga tidak akan merugikan pada kita atau masyarakat lain kedepannya.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang