Pengaruh Buruk Game Online bagi seorang Pelajar

Oleh : Tricia Monika
Mahasiswa Sastra Minangkabau
Universitas Andalas

Perkembangan teknologi pada era digital ini tidak dapat lagi kita pungkiri. Perkembangannya begitu sangat pesat adanya. Terdapat banyak sekali produk yang dikembangkan dengan teknologi yang dapat mempermudah aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu dari produk perkembangan teknologi pada masa era digital ini yang sangat digemari oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa yaitu game online. Perkembangan game online pada saat ini sangat berkembang pesat. Semakin lama permainannya semakin menyenangkan. Mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis permainan, resolusi gambar dan lain sebagainya.
Semestinya game online yang dimanfaatkan sebagai hiburan akan tetapi game online digunakan sebagai sebuah pelarian dari aktivitas kehidupan sehingga menjadi kecanduan bermain game online. Game online ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi pemainnya. Apalagi game online ini sebagian besar diminati oleh seorang pelajar. Kondisi ini tentu akan menjadi sebuah dampak buruk bagi seorang pelajar apabila telah mulai kecanduan dalam bermain game online.
Pelajar merupakan usia yang sangat rentan dengan berbagai pengaruh luar, apalagi pengaruh sebuah game online. Usia pelajar merupakan usia yang sangat rentan dengan kecanduan game online. Sehingga mereka terkadang tak kenal waktu saat bermain game online ini. Kecanduan bermain game online ini akan berdampak buruk terhadap prestasi belajar. Hal ini merupakan kondisi yang sangat buruk, sebab jika seorang pelajar sibuk dengan bermain game online maka mereka akan melalaikan aktivitas belajar di sekolah. Biasanya pelajar yang telah kecanduan bermain game online ini mereka akan sengaja untuk bolos sekolah dan juga mereka tidak akan menyempatkan waktu untuk membuat tugas sekolah. Tak hanya bermasalah di sekolah, mereka juga akan bermasalah saat di rumah. Misalnya saat disuruh oleh orang tua mereka untuk melakukan pekerjaan rumah mereka akan mengulur-ulur waktu bahkan sampai membantahnya perkataan orangtua karena keasikan bermaian.
Perkembangan teknologi memang memberikan multimanfaat dalam keberlangsungan hidup masyarakat dunia. Namun disisi lainnya teknologi memberikan sebuah pengaruh yang buruk. Untuk itu, game online sebagai salah satu bentuk dari perkembangan teknologi perlu disikapi dengan baik agar tidak berdampak buruk bagi seorang pelajar. Dengan demikian pelajar perlu diberikan pengarahan terhadap kecanduan game online ini, sehingga mereka dapat mengontrol kadar mereka saat bermain dan lebih bertanggung jawab terhadap kewajiban yang harus mereka lakukan yaitu sebagai pelajar yang harus belajar.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang