Membentuk Kepercayaan Diri dengan Berfikir Positif



Oleh : Tricia Monika
mahasiswa Sastra Minangkabau.

Percaya diri merupakan sebuah kata yang tak asing lagi di telinga manusia. Percaya diri merupakan sebuah sikap yang harus dimiliki oleh manusia dalam menjalani kehidupanya. Namun, sangat banyak orang yang dalam hidupnya merasa bahwa ia tak percaya diri dalam melakukan aktivitasnya. Contohnya saja, saat akan memakai pakaian, kita sering merasa sulit memilih pakaian yang cocok kita pakai, apakah pakaian yang kita pakai akan membuat kelihatan gemuk, apakah pakaianyang dipakai kelihatan norak dan lain sebagainya. Apalagi bagi kaum perempuan yang bahkan memerlukan waktu perjam-jam untuk memilih pakaian yang akan mereka kenakan untuk sebuah acara ataupun saat akan berpergian. Ini merupakan sebuah contoh kecil bahwa sesungguhnya kita membuat diri kita sendiri merasa tidak percaya diri dengan pilihan pilihan yang harus kita hadapi dalam hidup ini. 
Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam hidup, dalam memutuskan sebuah keputusan tingkat kepercayaan yang tinggi dalam diri sangat diperlukan. Namun, banyak orang yang merasa bahwa mereka minder dalam mengungkapkan sebuah potensi yang dimiliki. Rasa minder ini lah yang menyebabkan kepercayaan diri pada diri seseorang menjadi berkurang bahkan membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Misalnya saja seorang mahasiswa harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam melaksanakan aktivitas di kampus. Namun kebanyakan mahasiswa merasa tidak memiliki rasa percaya diri akan sulit untuk mengungkapkan berbagai argumen yang ada di pikiran mereka untuk dikeluarkan dan didengar oleh banyak orang hanya karena merasa tidak percaya diri untuk mengungkapkanya atau merasa takut jika argumen yang akan dipaparkan salah. 
Membentuk kepercayaan diri memang bukan hal mudah bagi kita yang merasa selama ini yang masih memegang rasa minder dalam pikiran kita. Rasa minder itu dibentuk oleh pikiran kita. Sebagai contoh saat kita memilih pakaian yang akan dikenakan kita akan memikirkan memakai pakaian yang akan membuat kita terlihat sempurna dan akan menghindari memakai jenis pakaian yang akan membuat gemuk atau pun jenis pakaian yang akan membuat norak. Hal yang kita pikirkan itu akan membuat kita harus menghindari berbagai jenis pakaian yang akan menghancurkan ekspetasi diri. Itulah suatu pikiran salah yang masih kita terapkan sampai saat ini. Jika saja saat akan memakai pakaian kita menerapkan pikiran kita harus memakai pakaian yang nyaman dipakai dan menghilangkan rasa minder dalam diri kita, maka kita tidak membutuhkan waktu berjam-jam memilih pakaian yang akan dikenakan. 
Faktor terpenting bagi kita yang mengalami krisis kepercayaan diri atau merasa minder pada diri sendiri yaitu dengan cara belajar menguasai emosi yang menguasai pikiran. Apabila kita sudah mampu mengusasi jalan pikiran dan bisa mengontral dengan baik serta sudah mulai merasa nyaman tanda adanya perasaan minder terhadap diri sendiri, maka langkah selanjutnya yaitu berhenti membanding bandingkan diri kita dengan orang lain. Karena jika yang kita pikirkan membandingkan diri kita dengan orang lain maka akan membuat rasa minder tersebuat akan menguasai diri dan kepercayaan diri akan hilang. 
Setelah kita membentuk kepercayaan diri kita dan menghilangkan meningkatkan kepercayaan diri yaitu selalu berfikir positif. Selain itu juga ada beberapa kiat untuk membangkitkan percaya diri, antara lain:
Budayakan sikap dan prilaku yang baik : Buang jauh-jauh pikiran negatif yang dapat menguasai pribadi kita. Mungkin terdengar seperti ini “aku tak bisa melakukanya”, “aku merasa ragu dia, dia nggak akan mempercayaiku”, “dia tak akan mungkin mendengarkanku”. Semua kata pesimis yang ada dalam pikiran kita itu sangat tidak membantu dan akan berpengaruh buruk dalam usaha mencapai kepercayaan diri secara optimal.
Pengalaman adalah guru yang berharga : Cobalah ambil pengalaman- pengalaman berharga dalam diri dan belajar bagaimana cara berani menetapkan tujuan dan berani mengambil resiko yang akan datang. 
Berani untuk menghapus pikiran negatif : Upaya untuk membuang segala kekurangan kita yang bahlan telah tertanam dan memjadi memori atau kenang-kenangan negatif dalam hidup. Hindarilah hal yang hanya akan menghabiskan waktu dan hanya akan membuat kita tidak nyaman dengan keberadaan diri kita saat ini. 
Kenali lebih dekat bakat dan talenta yang dimiliki : Semua orang pasti memiliki bakat dan talenta masing-masing dari dalam dirinya. Selanjutnya tergantung pada diri kita mau mengembangkan dan memanfaatkannya. Banyak orang yang mengaktualisasikan bakatnya melalui musik, seni, menulis atau lainnya. Semua kegiatan tersebut merupakan sebuah proses pengembangan diri sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.
Latih diri untuk siap menerima pujian : banyak diantara kita yang berkutat dengan permasalahan atau krisis kepercayaan diri, biasanya selalu menghadapi kesulitan untuk menerima pujian atau dipuji oleh orang lain. Terkadang kita bisa berfikir bahwa pujian yang berlebihan segera tanggapi pujian yang ada di depan mata sebagai cambuk untuk berbuat yang lebih baik lagi. 
Percaya diri sangat dibutuhkan dalam menjalani semua aktivitas dalam keseharian. Rasa pecaya diri akan sangat bertambah dengan kita selalu berfikir positif dalam menjalani kehidupan. Sehingga dalam menjalani aktivitas keseharian kita akan merasa tenang karena kita telah percaya diri.

Referensi 
Elfiky, Dr. Ibrahim. 2009. Terapi Berfikir Positif Biarkan Mukjizat dalam Diri Anda melesat agar Hidup Lebih Sukses dan Lebih Bahagia. Jakarta: Penerbit Zaman.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang