Leonardy Apresiasi Pelaksanaan Coklit Serentak oleh KPU Kota Padang

www.jurnalissumbar.id
Kesiapan KPU dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih mendapat apresiasi dari Anggota Komite I DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH. Hal itu diungkapkannya kepada tim yang terdiri dari Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, Komisioner KPU Kota Padang Arianto, Sekretaris KPU Kota Padang Lucky Dharma Yuli, Ketua Bawaslu Kota Padang Dorri Putra, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Yempita Effendi, Lurah Ulak Karang Utara Bambang Adi Ruscahya, Ketua LPM, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Al Rasyid, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Ridho Elmansyah, Bawaslu Kecamatan, Babinsa dan wartawan yang mendatangi rumahnya 
“Saya memberikan apresiasi kepada KPU Kota Padang yang sepertinya memang sungguh-sungguh merekrut petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), melatihnya dan sekarang pelaksanaannya. Harapan kita, pemutakhiran data pemilih memang harus dilaksanakan langsung kepada pemilih itu,” ujar pria yang akrap disapa Bang Leo itu, Sabtu 18 Juli 2020.
Apresiasi diberikan Leonardy karena senator asal Sumbar itu memahami sekali bahwa kondisi pemutakhiran data saat ini sangat berbeda dari pemilihan-pemilhan sebelumnya, apakah itu pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden, maupun legislatif.
Maka dari itu dia mengharapkan PPDP tetap melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh semangat. Laksanakan protokol kesehatan demi melindungi diri sendiri dan melindungi warga yang didatangi dari penyebaran/penularan Covid-19.
Diakui Leonardy, tugas PPDP di masa pandemi Covid-19 yang sudah memasuki new normal ini sangat berat. Sangat berbeda dengan masa-masa sebelum terjadi Covid-19. Dia pun mengingatkan PPDP untuk tidak melakukan hal-hal yang membuat masyarakat tidak mau membukakan pintu rumahnya.
Leonardy mencontohkan hal sederhana. Jika PPDP sebelum masuk rumah warga batuk-batuk maka dipastikan warga enggan menerima kedatangan mereka. Makanya Ketua Badan Kehormatan DPD Ini meminta PPDP menjaga sekali kesehatan mereka.  Lakukan tugas di saat sehat saja. Kalau terganggu kesehatannya, lebih baik menangguhkan tugas sementara agar tidak menerima penolakan warga.
Leonardy meminta KPU yang kini telah bersusah payah memutakhirkan data, tetap menjaga hak suara warga saat pemilihan nanti. Harus dipikirkan ada warga yang ODP, PDP dan positif covid nantinya yang harus dirawat atau menjalani isolasi mandiri bagaimana pelaksanaan hak mereka itu di hari-H.
Kepada Leonardy, Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra menjelaskan bahwa kedatangan mereka ke rumah Leonardy untuk meyakinkan warga Kota Padang agar mau membuka pintu rumahnya dan menyukseskan tugas PPDP dalam mencocokan dan meneliti data-data pemilih.
Riki meyakinkan Leonardy bahwa tiap PPDP  dibekali dengan alat tulis, alat kerja dan alat pelindung diri yang cukup. “Alhamdulillah untuk Sumatera Barat dilengkapi dengan alat pelindung diri yang cukup sesuai peraturan KPU. Tiap PPDP diberikan empat buah masker, pelindung wajah (faceshield) tiga botol hand sanitizer, satu box sarung tangan plastik sekali pakai. Sekali pakai untuk sehari,” ujar Riki mengungkapkan harapannya bahwa perlengkapan PPDP bisa melindungi PPDP selama bertugas dan warga Kota Padang yang dikunjungi PPDP.
Riki pun berharap kedatangan mereka dan penerimaan Leonardy sebagai salah seorang tokoh masyarakat bisa memberikan efek bola salju kepada warga kota lainnya. “Pak Leo sebagai tokoh msyarakat menerima PPDP. Kami harapkan warga kota lainnya pun mau menerima PPDP, mengikuti kesediaan tokoh masyarakat. Kami pun mengharapkan testimoni bapak nantinya,” harapnya.
Ketua Bawaslu Dorry Putra pun ikut memberikan penegasan, Bawaslu turut mengawasi pelaksanaan tugas PPDP. Bawaslu ingin memastikan tugas mencocokkan dan meneliti kesesuaian data pemilih, memasang stiker tanda telah dicoklit.
Bawaslu pun di tengah masa Pandemi harus turut memastikan PPDP memakai alat pelindung diri yang telah diberikan. Semua untuk menjamin keselamatan petugas dan warga yang dikunjungi. “Pak Leo, Ini semata-mata untuk memberikan rasa aman kepada warga Kota Padang. Lalu tidak ada permasalahan khusus kepada penyelenggara selama masa Cokit ini,” ulas Dorri.

Semangati PPDP
Pada kesempatan itu, usai coklit terhadap dia dan istri, Leonardy juga turut mengikuti rombongan untuk melakukan coklit kepada warga di Kelurahan Ulak Karang Utara itu. Leonardy menyaksikan sendiri bagaimana PPDP melakukan tugasnya, mulai dari datang lalu berinteraksi dengan pemilik rumah yang dicoklit hingga pemasangan stiker tanda selesai dicoklit.
Bahkan Leonardy juga menyempatkan diri menyemangati delapan PPDP yang bertugas di Ulak Karang Utara. Kepada mereka ditegaskan Leonardy bahwa kerja PPDP merupakan salah satu penentu berkualitas tidaknya pemilihan nanti. Motivasi kepada PPDP itu dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Ulak Karang Utara.
Khusus kepada Lurah Ulak Karang Utara, Leonardy mengharapkan agar meminta pengurus masjid dan mushalla yang ada di lingkungan kelurahan itu untuk memberikan pengumuman tentang kegiatan Coklit oleh KPU Kota Padang tersebut. Warga pun diharapkan memakai masker saat menerima PPDP. Kepada Bambang, Leonardy menegaskan kita harus mendukung kesuksesan pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah. (*)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang