Jalan Penghubung Kelurahan Khairiah - Sembuang Tertunda Tiga Tahun, Kasihan Warga Daerah Ini

 Jalan penghubung  di Kelurahan Khairiah, Kecamatan Mandah - Sembuang, pembangunannya terbengkalai sejak tahun 2017.

Kondisi ini membuat aktivitas warga seperti pendidikan, ekonomi dan kesehatan, menjadi terhambat.
Dampak dari kondisi jalan yang tidak kunjung siap kerap membuat pengendara sepeda motor jatuh ke pantai.

Salah satu warga mandah Eribahruzi, mengatakan,  tidak tahu lagi harus berbuat apa?. Dirinya, kata dia, sudah banyak menyampaikan tentang kondisi jalan  tersebut. Namun sampai saat ini belum ada perhatian dari pemerintah daerah.

"Kondisi jalan rusak dan terbengkalai, hampir 3 tahun. Belum ada kepastian kelanjutan pembangunannya, " ujarnya kepada media, Kamis (23/7/2020).

Eribahruzi yang kerap disapa Yan Melayu menambahkan, hampir setiap bulan warga melakukan gotong royong untuk memperbaiki jalan tersebut dari bahan kayu.

Ditambah lagi, sudah banyak korban luka-luka jatuh ke bawah karena kondisi jalan yang apa adanya.

Kondisi jalan yang saat ini sangat memperhatinkan keadaannya tidak hanya di jalan Sembuang - Mandah, masih banyak jalan - jalan yang sangat membutuhkan perhatian pemerintah.

Jalan tersebut antara lain, Jalan Jarambah Beton seberang Pasar Desa Igal menuju ke Mandah, Jalan Saka, Jalan Saka Pantai, Jakan Saka Kuali Desa Bente menuju kecamatan mandah.

Ini semua akses jalan yang menjadi peran vital bagi warga terutama anak-anak sekolah.

Camat Mandah, Junaidi mengatakan, anggaran untuk pembangunan atau rehab Jerambah Beton, Jalan Sembuang - Mandah Tahun 2020 ini sudah dianggarkan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indragiri Hilir.

"Saat ini kita menunggu pemenang lelang. Harapan kita kegiatan ini tidak terkena Refocusing atau Pemangkasan anggaran karena wabah Covid 19 yang terjadi saat ini, " ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Inhil, TM Syaifullah menjelaskan,  anggaran jalan Mandah-Sembuang bernilai Rp1.225.000.000 tidak ermasuk dalam pemangkasan dikarenakan covid-19.

Namun, TM Syaifullah tidak bisa memastikan ketersediaan anggaran untuk melaksanakan atau waktunya.


TM Syaifullah menambahkan, semoga beberapa hari ini ada kepastian untuk dilelang atau tidak. Karena Jalan Mandah - Sembuang itu sebenarnya menjadi prioritas pembangunan pada tahun ini.

Hanya saja, kata dia masih menunggu kepastian ketersediaan anggaran dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). ***

.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang