Fenomena Pengobatan Tradisional Pada Era Modern

Oleh: Zikri Hidayat
Mahasiswa Sastra Minangkabau

 teknologi dan gaya hidup terus bergeser semakin modern. Kondisi ini nyaris terlihat di berbagai aspek kehidupan manusia. Bagaimana soal pengobatan dan perawatan kesehatan diri? Ternyata, pengobatan dan penyembuhan tradisional masih memiliki daya pikat, setidaknya di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya pada masyarakat Minangkabau.
Pengobatan tradisional biasa disebut oleh masyarakat luas sebagai solusi alternatif dari pengobatan medis. Umumnya, pengobatan tradisional menggunakan cara dan perawatan yang mengacu pada kepercayaan suatu daerah yang telah diturunkan secara turun temurun.
Pada era globalisasi seperti sekarang, tak bisa dimungkiri pengobatan medis menjadi pilihan utama kebanyakan orang. Namun, tak sedikit yang masih menerapkan pengobatan dan penyembuhan tradisional sebagai upaya pendamping untuk memperoleh kesehatan optimal.
Indonesia sebagai bangsa yang kaya budaya dan tradisi memiliki berbagai pengobatan tradisional, misalnya, jamu, gurah, dan bekam dan lain-lain. Tak hanya untuk kesehatan, tradisi juga mengajarkan kita berbagai cara untuk merawat diri agar terlihat semakin menarik.
Perbedaan yang paling mendasar antara pengobatan modern dan pengobatan tradisional terletak pada cara mereka mengobati dan memahami suatu penyakit. Pengobatan medis memandang penyakit hanya sebagai suatu  kondisi biologis yang ditandai dengan kelainan pada fungsi atau struktur organ-organ tertentu atau seluruh sistem organ. Sedangkan pengobatan alternative atau pengobatan tradisional menganggap penyakit lebih dari itu selain biologis mereka juga melibatkan aspek spiritual, psikologis dan sosial tertentu dari orang yang terkena. Ini yang kadang-kadang sering diabaikan oleh pengobatan modern.
Metode Pengobatan Tradisional
Pengobatan tradisional adalah metode pengobatan yang digunakan dalam berbagai masyarakat sejak jaman dahulu yang diturunkan dan dikembangkan secara bertahap dari generasi kegenarasi berdasarkan tingkat pemahaman manusia terhadap pengetahuan dari masa ke masa. Pengobatan tradisional atau obat tradisional juga kadang-kadang disebut sebagai obat rakyat, obat herbal dan sebagainya. Praktek yang paling umum dari obat tradisional termasuk pengobatan tradisional Afrika, akupunktur, pengobatan tradisional Korea, pengobatan tradisional Cina, pengobatan Islam, obat Siddha, Ayurveda dan jamu.
 Metode Pengobatan modern
Pengobatan moderen merupakan cara-cara pengobatan yang dilakukan berdasarkan penelitian ilmiah dan berdasarkan pengetahuan dari berbagai aspek. biasanya pengobatan medis menggunakan beberapa terapan disiplin ilmu pengetahuan dalam mengobati sebuah penyakit, cara pemeriksaan dan diagnose penyakit pun lebih akurat daripada pengobatan tradisional.
Selain itu obat yang gunakan dalam pengobatan medis semuanya merupakan hasil uji klinis yang mendalam dan memiliki fungsi yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Pengobatan modern memiliki sebuah prosedur yang sesuai dan terus di tingkatkan seiring dengan kemajuan teknologi.
Saat ini, obat modern memiliki jawaban untuk mendeteksi dan mengobati sejumlah besar dari berbagai kondisi medis, terutama yang di picu oleh bakteri, virus dan jenis lain dari penyebab infeksi atau penyakit. Banyak penyakit yang dulunya tidak dapat disembuhkan dan berakhir pada kematian tetapi sekarang mudah  untuk disembuhkan antara lain batuk rejan, difteri, cacar, dan penyakit lainnya.
Kenapa masih banyak orang percaya pengobatan tradisional?
Pengobatan modern biasanya cenderung mengabaikan aspek-aspek spiritual, social dan keyakinan seseorang. Ini semacam ketidakpuasan menyebabkan peningkatan yang signifikan jumlah orang yang masih mengandalkan pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan mereka. Semua ini terjadi meskipun fakta bahwa tidak ada bukti ilmiah terhadap metode pengobatan tradisional yang dapat memberikan hasil yang memuaskan. kepercayaan dan keyakinan merupakan sebuah faktor penting dalam pengobatan.
Ada sejumlah besar orang yang menderita kekurangan dimensi spiritual dalam kehidupan mereka. Mereka tidak dapat terhubung ke beberapa makna yang lebih besar dan itu adalah salah satu alasan utama mengapa mereka sering mengandalkan praktisi pengobatan tradisional yang dapat mengurus semua dimensi yang berbeda dari kehidupan mereka. Orang-orang ini percaya pada fakta bahwa kesehatan dan keseluruhan seseorang tidak hanya mengandalkan pada kesuksesan menghilangkan beberapa penyakit di dalam tubuh manusia.
 Dari semua perbedaan antara metode pengobatan moderen dan pengobatan tradisional, namun ada satu persamaan antara keduanya yaitu sama-sama bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang menderita suatu penyakit. jadi silakan pilih yang mana anda suka dan anda percayai pengobatan tradisional atau pengobatan modern atau mungkin anda ingin mengkombinasikan keduanya itu semua tergantung pada kepercayaan masing-masing individu.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang