UNP Padang Akan Laksanakan Wisuda Ke CXIX Secara Virtu

www.jurnalissumbar.id
Universitas negeri Padang untuk yang pertama  kali akan melakukan kegiatan wisuda ke 119 secara virtual  ditengah kesiasiagaan masyarakat terhadap virus yang melanda negeri, pada kondisi News normal ini inovasi yang harus disesuaikan dengan aktifitas ditangah tengah ancaman covid19 

Dalam keterangan pers Rektor UNP Prof Ganefri Ph.D kepada wartawan pada Kamis (19/6) mengatakan Wisuda melalui daring tidak pernah dilakukan, karena adanya wabah corona terpaksa di lakukan melalui zoom metting (daring).


Acara wisuda periode ke ll tahun 2020 ini direncanakan akan berlangsung pada hari minggu tanggal 21 Juni 2020 yang akan diikuti 868 wisudawan dan wisudawati terdiri dari S1. S2, S3 dan Diploma

Disampaikan Ganefri pendaftaran calon wisuda melalui website saja dan dapat diakses  dimanasaja

Dan mahasiswa S1  dan diploma  diberi  keringanan  pembayaran uang perkuliahan dan Untuk S2 dan S3 hanya diberi keringanan pembayaran secara cicilan saja 

Diketahui UNP dalam setahun 4 kali menggelar wisuda namun, pada periode ke ll yang dilangsungkan di Bulan Juni ini digelar ditengah-tengah merebaknya Covid-19 .

“Pada periode ke 2 ini dengan terpaksa kita melakukan kegiatan wisuda secara daring san merupakan yang pertama sekali di Sumatera”, ujar Prof Ganefri

Rektor Ganefri juga menyampaikan dalam proses wisuda nanti para mahasiswa dan mahasiswi juga akan memakai sistem digital signature (Tandatangan Digital)

“Proses wisuda semua melalui online baik proses administrasi dan lainya. Calon wisudawan/ti nantinya perlengkapan wisuda seperti toga dan jubahnya akan dikirimkan melalui pos”, ujar Ganefri.

Ditambahkannya, para lulusan mahasiswa akan menerima ijazah serta transkip nilai, dan surat keterangan lulus para wisudawan/ti menerimanya melalui online dalam dua bahasa yakni bahasa inggris dan indonesia.

“Wisudawan/ti saat ini juga diuntungkan dengan tidak perlu lagi untuk melegalisir ijazah karena UNP kini telah menyiapkan semuanya secara online”, ujarnya.

Dimasa Pandemi Covid-19 saat ini, kata Ganefri Kita semua tidak tahu kepastian siapa-siapa yang terkena Covid, kita tidak ingin nanti dalam gelaran wisuda dan diluar ruangan mereka terpapar covid

“Kita tak inginkan dimasa pandemi ini gelaran wisuda menjadi tempat terpapar nya Covid, Tentu dengan test swab baru bisa diketahui”, ujarnya.

Dimasa New Normal dengan tatanan baru ini UNP terpaksa melakukan kegiatan wisuda tanpa kehadiran mahasiswa dan orang tua wisudawan/ti.

“Kita terpaksa harus menyesuaikan dengan keadaan saat ini, dimana sampai saat ini vaksin untuk Covid belum juga ditemukan”, ujar Ganefri.

Proses kegiatan wisuda juga dilakukan seperti biasa yang dihadiri Rektor Wakil Rektor anggota senat dan ratusan wisudawan dan wisudawati serta pihak terkait lainnya namun yang membedakan dilakukan secara Virtual.

Proses acara wisuda dilakukan seperti sebelumnya, seperti orasi ilmiah dari tokoh nasional direncanakan akan menampilkan Ketua Dewan Badan Pengarah Ideologi Pancasila (BPIP) megawati sukarno putri.

Bocoran Topik orasi ilmiah yang disampaikan Megawati nantinya bertema “Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Solidaritas Sosial Kebangsaan Menghadapi Pandemi Covid 19”.

Dalam keterangan Pers yang digelar di gedung Rektorat di lantai lV tersebut Rektor UNP juga menyampaikan bahwa untuk penerimaan bagi mahasiswa baru UNP juga melakukan melalui online.

“Begitu juga dengan pendaftaran calon mahasiswa semua dilakukan secara daring. Semua layanan di UNP saat ini tidak lagi harus secara face to face tapi semua sudah dilakukan melalui online”, tutupnya. 

#02






No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang