Perkembangan Dan Kemajuan Teknologi


Oleh: Djody prasetyo.j
(Mahasiswa Sastra Minangkabau, Universitas Andalas)

Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sector kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadiran teknologi memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek Dan dimensi, demikian hal nya dengan teknologi komunikasi Yang merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi.
Demikian, dimana sebuah teknologi mampu merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. Misalnya, kalau dahulu orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang berbeda di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang dapat berbicara tanpa batas dan jarak waktu. Itu hebatnya seorang penemu  perangkat telepon sederhana, mulai dari dari telepon yang berbasi analog maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronik lainnya. Hingga teknolohi ini berintegrasi satu sama lainnya. Teknologi komunikasi yang telah ada merupakan sebuah jawaban dari adanyaperkembangan zaman. Hal ini terjadi karena semakin berkembangnya pemikiran manusia, maka teknologi akan terus mengalami perkembangan untuk menyelaraskan pola beradaban manusia.
Pengertian Teknologi Komunikasi Dan Teknologi Informasi
Teknologi merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi. Dapat dikatakan pula teknologi komunikasi adalah sebuah penemuan baru dalam aspek kehidupan dimana setiap individu dapat menggunakan, mengakses, dan memberikan segala hal kepada orang lain secara universal. Antara teknologi komunikasi dengan teknologi informasi itu sendiri sebenarnya saling terkait. Akan tetapi tetap ada sisi yang membedakan antara keduanya.
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun teknologi komunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi saat ini sangat cepat adalah teknologi komunikasi, yang menghadirkan beragan pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya. Perkembangan komunikasi itu sendiri sebenarnya sejalan dengan kehidupan serta keberadaan dari manusia itu sendiri. Ada 4 titik penentu yang utama dalam sejarah komunikasi manusia adalah:

Perolehan bahasa yaitu pada saat yang sama dengan lahirnya manusia.
Pengembangan seni tulisan berdampingan dengan komunikasi yang berdasarkan pada bicara.
Reproduksi kata-kata tertulis dengan menggunakan alat pencetak, sehingga memungkinkan terwujudnya komunikasi massa yang sebenernya.
Munculnya komunikasi elektronik, mulai dari telegraf, telepon, radio, televisi, sampai dengan setelit.
Sebenarnya komunikasi itu sendiri sudah terbentuk semenjak Zaman Pra-Sejarah, seperti: bentuk-bentuk sebatas gerakan alat tubuh, gambar-gambar sebagai bahasa, bunyi-bunyian dari tulang dan sebagainya, sebagai sebuah bentuk komunikasi yang sesuai pada saat itu. Perkembangan selanjutnya telah sedikit mengalami kemajuan yang selangkah lebih baik lagi, misalnya bentuk komunikasi dalam huruf pictograf yang digunakan oleh bangsa sumeria, oleh bangsa mesir kuno.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang