Cegah Korupsi, UNP Canangkan WBBM

Disaksikan Dirjen Dikti Prof. Ir. Nizam, Ph.D. Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan kegiatan pencanangan Zona Integritas Fakultas MIPA Menuju Wilayah bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) . Rabu (17/6/2020).
Pelaksanaan kegiatan yang dicanangkan oleh Rektor UNP tersebut, sekaligus dilakukan sosialisasi secara daring melalui aplikasi zoon meeting yang diikuti oleh sivitas akademika UNP.
Dalam arahannya, Dirjen Dikti, Prof. Nizam, Ph.D menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada UNP, karena selama ini prestasi-prestasi UNP sehingga memilih UNP sebagai salah satu pembangunan zona integritas.
“Mudah-mudahan tahun ini UNP bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi yang lainnya”, ujarnya.
Sebelumnya, Rektor UNP Prof Ganefri Ph.D dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada bapak Dirjen yang telah meluangkan waktunya ikut dalam pencanangan zona intregritas ini.
Prof Ganefri menyampaikan bahwa Reformasi birokrasi di UNP sendiri sudah dimulai sejak 3 tahun lalu dengan dilakukannya pencanangan zona integritas.
“Pencanangan Zona integritas di FMIPA UNP ini merupakan bagian dari Reformasi birokrasi di UNP”, ujarnya.
Secara prinsip, reformasi birokrasi perlu menata ulang proses birokrasi dari tingkat (level) tertinggi hingga terendah dan melakukan terobosan baru (innovation breakthrough) dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis, sungguh-sungguh, berfikir diluar kebiasaan/rutinitas yang ada (out of the box thinking), perubahan paradigma (a new paradigm shift), dan dengan upaya luar biasa (business not as usual).
Selanjutnya, Rektor UNP juga menyampaikan dengan adanya perubahan paradigma dan upaya yang luar biasa sehingga pada tahun 2019 UNP mendapat penghargaan dari Komisi Informasi Publik (KIP) sebagai badan publik informatif yang penghargaannya langsung diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.
Dalam kesempatan itu, Dirjen Dikti menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Prof Ganefri.
“Selamat atas pelantikan sebagai Rektor UNP, yang mana selama ini sangat responsif terhadap kebijakan-kebijakan kementerian, mulai dari program-program kampus merdeka, merdeka belajar”, ujarnya.
Selanjutnya, Prof. Nizam mengharapkan perguruan tinggi untuk mewujudkan sikap melayani, ramah, amanah, integritas serta menciptakan kampus yang bersih lingkungan nyaman dan bersih serta mendorong perguruan tinggi untuk bersikap ing ngarso sung tulodo.
Selama pandemi UNP telah membantu dan meringankan beban mahasiswa yang orangtua yang berdampak signifikan oleh pandemi COVID-19, seperti penurunan UKT, memberikan beasiswa dari alumni dan mitra maupun CSR dan pemberian pulsa untuk menunjang pembelajaran daring di UNP. Disamping itu, pemerintah juga hadir dalam bentuk BOPTN.
Dekan FMIPA UNP, Dr. Yulkifli, M.Simenyampaikan bahwasannya pimpinan dan sivitas akademika UNP sudah melakukan sosialisasi dan bersiap melaksanakan berbagai program untuk menwujudkan wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani sebagai bentuk pembangunan zona integritas di UNP. (Humas UNP)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang