PuluhannWartawan Online Padang, Tagih Janji Pemko Padang

Puluhan media online di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, hingga detik ini masih menunggu realisasi pembayaran jasa publikasi dengan pemerintah daerah setempat.

Diketahui, publikasi seputar kegiatan Walikota, Wakil walikota, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Padang tersebut telah ditayangkan masing-masing media online serta dibaca khalayak luas, terhitung mulai awal tahun 2020. Kliping beritanya telah pula diklaim masing-masing media melalui Bendahara Pembantu Bagian Humas Pemko Padang sejak Maret lalu, namun tunggu punya tunggu, hingga pertengahan Mei ini realisasi pembayaran belum kunjung ada.

Menanggapi kondisi tersebut, Amrizal Rengganis selaku Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Kabag Prokopim) Pemko Padang, kepada tiga awak media online yang mengunjunginya di balaikota Aie Pacah, Kamis (14/5/2020), mengungkapkan bahwa tidak ada niat Pemko Padang mengulur waktu membayar jasa publikasi yang telah dibantu mass media. 

“Kita sama-sama tahu keadaaan saat ini, pada masa pandemi Covid-19 ini semua anggaran di jajaran Pemko Padang terkunci. Jadi rekan-rekan media harap maklum," ujar pria hitam manis berpostur subur yang mengaku dirinya juga pernah menjadi bagian dari media dan sangat paham kondisi awak media.

Menggali Informasi Lebih Dalam
Kepada redaksi www.sumatrazone.co.id,Andarizal selaku owner media onlineMediaPortalAnda, Kamis (14/5/2020) malam, memaparkan, maksud kunjungannya bersama dua rekan ownermedia online lainnya ke ruang Kabag Prokopim Amrizal Rengganis siang itu selain sebagai silaturahmi memperkuatukhuwah, sekaligus untuk menggali informasi lebih dalam ihwal keterlambatan pembayaran jasa publikasi terhitung mulai bulan Januari, Februari hingga Maret 2020.

Diungkapkan juga, keterlambatan hingga berbulan-bulan seperti ini baru kali pertama terjadi, semenjak tampuk pengelolaan kehumasan Pemko Padang dipercayakan kepada Amrizal Rengganis. Kondisi yang patut disayangkan.

Jika dulu bernama Kabag Humas dan Protokol, sejak beberapa bulan ke belakang bagian ini dinamai Kabag Prokopim. 


Salah satu klaim jasa publikasi kegiatan walikota/ Pemko Padang yang masih menunggu realisasi pembayaran. 
f: dok.sz1
Bahkan menurut Andarizal, terundur lamanya pembayaran jasa publikasi ini membuat puluhan awak media yang bertanggungjawab dalam hal pengurusannya kerjasama Pemko Padang merasa ketar ketir, khawatir jika pada akhirnya tidak ada pembayaran, sementara produk publikasi telah terlanjur disebarluaskan ke khalayak pembaca, kemudian bukti tayang juga sudah diklaim dalam bentuk kliping 10 berita per bulan.

"Rata-rata kami telah menayangkan lebih dari 10 berita per bulan, tak jarang sampai 20 hingga 30 berita kegiatan kepala daerah dan jajaran Setdako Padang. Namun karena yang bisa diklaim hanya 10 berita per bulan, ya kami menyesuaikan saja," papar Andarizal.

Namun tambahnya, kali ini pihaknya berikut puluhan media online lainnya di Padang menjadi sedikit was-was, karena mulai Januari hingga Maret 2020 secara intens mempublikasikan kegiatan Pemko Padang, namun dedikasi mereka selama ini terkesan tak dianggap. Tidak ada kejelasan, lalu pihak Prokopim Kota Padang yang dikomandoi Amrizal Rengganis terkesan mengulur-ulur waktu. Padahal jika dibandingkan dengan viralnya publikasi seputar kegiatan walikota atau Pemko Padang ke khalayak luas, nilai jasa publikasi yang akan diterima puluhan media online tersebut jauh dari sepadan.

"Sebelum ini kepada rekan media online yang lain, beliau berjanji akan menyelesaikan pembayaran jasa publikasi sebelum bulan puasa. Lalu hari ini kepada kami ia berjanji akan menyelesaikan sebelum lebaran," papar Andarizal yang dalam kesempatan berjumpa Kabag Prokopim Amrizal Rengganis ditemani Yuamran, ownerFigurnews.com dan Novwibawa, ownerSumbarRaya.com.

Kepada Amrizal Rengganis kala itu, Andarizal dan dua rekan sesama ownermedia online di Padang itu memaparkan bahwa belitan pandemi Covid-19 ditambah lagi perayaan Idul Fitri 1441 hijriah yang sudah di depan mata memicu mereka untuk berkunjung sekaligus mempertanyakan kepastian pembayaran jasa publikasi yang masih terundur, sementara saat ini telah memasuki bulan lima tahun 2020.

Menurut Andarizal, pihaknya sebagaimana puluhan media online yang hingga saat ini masih menunggu pembayaran jasa publikasi kegiatan Pemko Padang, mengapresiasi ungkapan kepedulian Amrizal Rengganis kepada rekan-rekan media, dimana ia kembali berjanji hendak mengupayakan pembayaran sebelum lebaran yang tinggal hitungan jari. 

Bahkan di penghujung pertemuan, ia meminta supaya Andarizal dan dua rekannya siang itu menyampaikan kepada rekan-rekan media online lainnya di Padang bahwa pembayaran jasa publikasi Pemko Padang tahun ini dilakukan melalui sistem non tunai. 

Terkait informasi tersebut, menurut Andarizal, pihaknya berikut puluhan rekan-rekan media online lainnya di Padang sejak jauh-jauh hari telah memberikan nomor rekening Bank Nagari kepada bawahan Amrizal Rengganis, yakni Tafrizal selaku Kasubag Pemberitaan Pemko Padang.

(oel)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang