Pentingnya Peran Bank Dunia dalam Kondisi Negara Saat Ini



Oleh : Radha Chania Fardean dari Fakultas Ilmu Budaya jurusan Sastra Daerah Minangkabau Universitas Andalas 

Dalam kondisi negara saat ini yang tengah di landa virus yang menimbulkan berbagai kerugian di berbagai bidang, untuk itu kita perlu mengingat kembali akan pentingnya peran Bank Dunia. Untuk itu terlebih dahulu kita mengetahui apa itu Bank Dunia serta tujuannya. Bank Dunia adalah lembaga internasional yang membantu negara-negara dengan pembiayaan dan nasehat keuangan. Tujuannya adalah untuk membantu negara-negara berkembang merancang pembangunan ekonomi rencana untuk membangun infrastruktur dan ekonomi mereka untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup bagi warga negara mereka.
Hari Bank Dunia ini lahir yang mana pada saat itu pada 1 April 1994, terjadilah sebuah konferensi penting di Amerika Serikat, tepatnya di Bretton Woods, New Hampshire, Dalam United Nations and Financial Conference tersebut dibuatlah sebuah badan yang nantinya bakal memainkan peran vital dalam perekonomian dunia. Badan ini disebut Worl Bank alias Bank Dunia. Tugas utamanya adalah memberikan dana moneter atau dana bantuan pada Negara-negara yang perekonomiannya sedang tidak sehat, agar tidak sampai mempengaruhi kondisi ekonomi wilayah yang ada disekitarnya. Negara pertama yang mendapatkan bantuan dari Bank Dunia adalah Prancis. Kala itu negero menara Eiffel membutuhkan dana segera dengan nilai mencapai 250 juta dollar As, untuk membangun kembali infrastruktur negara mereka yang hancur lebur pasca perang.
Tujuan dari Bank Dunia yang sangat beragam, meskipun namanya kepentingan financial, organisasi membutuhkan lebih “holistic” pendekatan bantuan keuangan dengan membantu pendidikan dan pengembangan kesehatan, pengembangan daerah pertanian dan pedesaan suatu negara, melindungi lingkungan, membangun infrastruktur dan membantu membangun lembaga-lembaga pemerintah yang melindungi warga negara. Bank Dunia terdiri dari dua lembaga utama pembangunan: Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD) dan internasional Development Association (IDA). IBRD berfokus pada memberikan bantuan kepada negara-negara berpenghasilan menengah yang layak kreadit, sedangkan IDA membantu negara-negara miskin, Bank Dunia juga bekerja dengan afiliasi, termasuk Internasional Finance Korporasi (IFC).
Perlu kita ketahui bahwa peran bank dunia tidak hanya memberikan dana, namun juga memberikan bantuan untuk kebijakan pada negara-negara yang sedang membutuhkan dana untuk proyek-proyek yang akan dibangun. Banyak negara-negara miskin yang terbantu, akhirnya mereka bisa menggerakan kembali roda perekonomian menjadi lebih baik akibat dari adanya modal yang telah disediakan oleh bank dunia. Hal ini tentunya sangat membuat negara di dunia terbantu untuk menghadapi kesulitan dalam keuangan. Karena sangat berperan besar didalam dunia internasional sehingga tidak ada lembaga yang perannya menyamai bank dunia. 
Dalam situasi dan kondisi dunia saat ini kita harus tahu bahwa peran Bank Dunia saat ini sangat dibutuhkan bagi negara-negara yang dilanda oleh berbagai kekurangan uang akibat Virus Corona. Saat ini virus corona sangat berkembang pesat dari pusat penyebarannya yaitu di Wuhan tepatnya di negara China. Akibat yang ditimbulkan dari virus ini juga mempengaruhi keuangan negara. Semakin banyaknya jumlah orang yang terinfeksi virus corona membuat pemerintah menerapkan himbauan untuk menjaga jarak antar masyarakat. Mulai dari imbauan bekerja dirumah bagi pekerja dan karyawan yang memungkinkan, serta meliburkan sekolah hingga membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang. Kondisi ini tentunya sangat berdampak pada perputaran roda perekonomian di dalam negeri. Tak hanya itu perekonomian secara global otomatis juga terganggu. Untuk itu betapa pentingnya Bank Dunia untuk membantu perekonomian negara-negara yang juga dilanda musibah yang sama.
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan, akibat virus ini, sepertiga 189 negara anggota IMF akan terimbas. Ia mengatakan IMF saat ini memperdiksi pertumbuhan ekonomi global 2020 akan berada di bawah level 2,9%. Georgieva dan presiden Bank Dunia David Malpass menggaris bawahi pentingnya tindakan terkoordinasi untuk membatasi dampak ekonomi dan manusia dari virus. Sehingga IMF menyediakan dana senilai US$ 50 miliar dalam dana darurat untukmencangkup pinjaman berbunga rendah, sehingga dapat membantu negara-negara yang sedang menghadapi pandemik corona.
Untuk mengingat Hari Bank Dunia kita tidak dituntut untuk mengetahui bagaimana sejarah dan apa itu bank dunia, namun kita dapat mengkaitkannya dengan situasi dan kondisi saat ini. Sehingga kita dapat mengetahui setiap sejarah yang berlalu pasti ada kaitannya dengan permasalahan yang dihadapi pada saat sekarang ini. Mulai dari masalah virus yang mengakibatkan banyaknya kematian hingga bagaimana virus tersebut mempengaruhi kehidupan bahkan juga mempengaruhi perekonomian suatu negara. Sehingga mengakibatkan jatuhnya nilai kemajuan dan persentase perekonomian. Semoga masalah-masalah yang timbul akibat virus corona dapat segera teratasi terutama pada masalah perekonomian negara. Maka dari itu dapat kita ketahui bahwa bagaimana Bank Dunia sangat berperan penting untuk membantu memulihkan kembali keadaan negara yang dilanda oleh wabah Virus Corona.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang