Pengaruh Game Online

Oleh : Djody prasetyo. J
(Mahasiswa Sastra Minangkabau, Universitas Andalas)
Munculnya game sebagai perkembangan teknologi di era modern ini tentu perlu di sikapi dengan sebagai sudut pandang posistif dan negative menurut penggunaanya, sebagai manusia yang menerima perubahan, perlu adanya pembatasan-pembatasan tentang sejauh mana dampak negative yang di akibatkan. Kehadiran game mendapat apresiasi di kalangan remaja, khususnya para pelajar. Hal ini dapat menumbuhkan kreativitas dan daya reaksi selama permainan itu tidak dimainkan selama berulang-ulang. Karena jika dimainkan berulang-ulang akan mengakibatkan kecanduan dan kelalaian dalam beraktivitas seperti belajar di sekolah dan membantu ibu di rumah. Anak-anak atau remaja yang sudah asik memainkan game, biasanya akan memainkannya berulang-ulang, sehingga sering tidak menghiraukan orang-orang di sekelilingnya, begitulah game cara game menguras waktu sipemainnya.
Dampak Positif Game
Membuat Orang Pintar
Dari game kita dapat belajar banyak hal, jika orang-orang yang hobi membaca biasanya dia akan cepat mengerti akan game tersebut.
Menambah Konsentrasi
Jika kita bermain game dengan serius  dan konsentrasi yang tinggi akan membuat si pemain mampu menyeleseikan beberapa tugas.
Meningkatkan Ketajaman Mata
Jika kita memainkan game secara teratur memiliki ketajaman mata yang lebih cepat dari mereka yang tidak bermain game.
Meningkatkan Kemampuan Bahasa
Bermain game dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, terutama bahasa inggris, karena kebanyakan game menggunakan bahasa inggris dan begitu pula para pemain game online yang di jumpai banyak dari Negara-negara lain.
Membantu Bersosialisasi
Bermain  game dapat menumbuhkan interaksi sosial yang menentang streotif gamer yang terisolasi. Dalam memainkan game orang yang kita jumpai di dalam game biasanya akan akrab dan menjadi teman kita.
Meningkatkan Kecepatan Dalam Mengetik
Kebanyakan dari game mengharuskan pemain mengetik ketika sedang berkomunikasi dengan pemain lainnya, sehingga hal ini secara tidak langsung akan membiasakan pemain dalam mengetik.
Menghilangkan Stress
Bermain game dapat mengendurkan ketegangan syaraf, sehingga dengan bermain game kita akan terhibur.
Dampak Negatif Game
Menimbulkan efek ketagihan
Membuat orang terisolir dari kehidupan disekitarnya
Membuat orang menjadi malas
Mengganggu kesehatan
Menimbulkan masalah psikologis apabila terlalu dipikirkan
Mengganggu kehidupan di dunia nyata
Pemborosan apabila kecanduan game online
Biasanya dampak negative akan terjadi jika sipemain terlalu bermain game dengan berlebihan sehingga tidak mementingkan kesehatannya,sering begadang untuk bermain game bersama teman. Akan tetapi game juga membuat kita menjadi terhibur, jadi pandai-pandai kita membagi waktu luang untuk tidak menghabiskan waktu hanya untuk bermain game. Perasaan seseorang bermain game itu berbeda-beda, sehingga tingkat kecanduanya juga akan berbeda, ada yang hanya bermain game online sebagai sarana di saat jenuh saja, da nada pula yang ingin bercita-cita menjadi gamers sehingga dia sangat menekuninya  sekali dalm bermain game online itu.
Cara Untuk  Mengurangi Kecanduan Bermain Game
Banyak dari  orang-orang yang sudah kecanduan bermain game susah untuk menghentikankan kecanduan tersebut, sebenarnya cara menghentikan kecanduan dalam bermain game itu cukup simple, yaitu hanya dengan cara menyibukan diri dengan hal-hal yang baru, seperti mengadakan pertemuan dengan teman dan berbicara banyak menyita waktu. 
Saat berada di tempat game sebisa mungkin membuat diri kita tidak nyaman, seperti duduk di kursi yang panas, atau melihat hal-hal lain dalam HP kita.
Saat ingin bermain game, sebaiknya meminta orang tua atau orang terdekat untuk selalu mengingatkan kita untuk berhenti main game.
Tetapi jika sesuatu dikerjakan tidak berlebihan, termasuk game online, hanya dilakukan disaat waktu senggang, bukan mengambil waktu-waktu utama kita di kegiatan keseharian kita. Jadi lakukanlah sesuatu itu tidak dengan cara berlebihan, karena yang berlebihan itu tidak akan berdampak baik untuk kehidupan kita.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang