Eksistensi Keluarga Ditengah Pandemi Covid-19


Oleh: leni mustia 
Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau UNAND 

15 Mei merupakan hari peringatan untuk keluarga yang ada di seluruh dunia. Tidak di Indonesia saja bahkan diluar negeri ikut memperingatinya. Hari Keluarga Internasional merupakan hari perayaan yang diperingati pada setiap tahunnya. Majelis Umum PBB pada tanggal 20 September 1993 memutuskan bahwa tanggal 15 Mei tersebut diperingati sebagai hari keluarga Internasional atau International Day of Families melalui resolusi A/RES/47/237 yang mempertimbangkan kepentingan hubungan komunitas international dengan keluarganya. 
Perayaan hari tersebut bertujuan untuk mempromosikan kesadaran tentang pentingnya berhubungan dengan keluarga dan meningkatkan pengetahuan terhadap proses sosial, ekonomi, dan demografi terhadap keluarga. Salah satu contohnya ialah disaat kondisi dunia yang sekarang ini, yang sedang marak-maraknya akibat pandemi Covid-19. Akibat pandemi ini banyak keluarga yang terpisahkan, terpisahnya anak dengan orang tua, istri dengan suami dan Ditambah lagi jika salah satu keluarga positif terkena Covid-19. Penyakit yang berbahaya ini yang menyebabkan banyak orang meninggal dunia. Oleh karena itu peran keluarga sangatlah penting untuk menyemangati keluarga supaya bisa hidup bersih, menjaga kesehatan, yang paling penting akibat Covid-19 ini banyak keluarga yang sebelumnya jarang berkumpul bisa berkumpul kembali.
agar keluarga kita terhindar dari segala macam penyakit sebaiknya  perhatikan makanan keluarga terutama bagi anak-anak,  karena anak kecil itu imunnya sangat rendah, mudah sekali terkena penyakit.  Makan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang untuk modal tubuh yang sehat.  Stelah itu jangan pernah absen makan sayur dan buah untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh. Rutin berolahraga supaya jantung dan paru-paru tetap sehat, Otot dan tulang tetap kuat.
Menjaga kebersihan diri dan lingkuangan agar terhindar dari kuman. Cek kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi tubuh, fungsi organ pada tubuh kita sehat-sehat saja. 
Oleh karena itu, ajaklah semua keluarga dan anak-anak untuk selalu jaga kesehatan supaya menjadi keluarga yang damai dan terbebas dari penyakit. Apalagi dikondisi pandemi Covid-19 ini, kita semua harus stay di rumah sama keluarga dan selalu jaga kebersihan, dan kita jadi sering mengahabiskan waktu dengan keluarga dirumah. Ada sisi positif dan negatifnya ditengah pandemi ini. Sisi positifnya ialah bisa bertemu keluarga tiap hari, jadi sering bersih-bersih, dan slalu jaga kesehatan, sedangkan sisi negatifnya ialah  banyak korban yang berjatuhan akibat pandemi ini, tidak bisa keluar rumah, tidak bisa beraktifitas seperti semula. Semoga pandemi ini cepat berakhir agar bisa beraktifitas seperti semula lagi.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang