RS Rasidin Padang, Jadi Rujukan Pertama Pasien Covid19


www.jurnalissumbar.id
Pihak Rumah Sakit M. Jamil siap membantu memberikan coaching kepada perawat dari RSUD dr. RASIDIN untuk menangani pasien yang positif covid 19, untuk skala ringan hingga sedang, sedangkan untuk covid 19 berat RS M. JAMIL siap menampung dari RS rujukan covid 19 lainnya seperti dari RSUD Pariaman.

Hal ini disampaikan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Ir. Benny Warlis dalam Rapat dan kegiatan kunjungan di RS Rasidin Kota Padang, Jum’at (3/4/2020)

Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur M Jamil, IDI Sumatera Barat, Dinas Kesehatan Prov. Sumatera Barat, Direktur Rsud dr. Rasidin, Dinas Kesehatan Kota Padang.

Lebih jauh Benny Warlis juga memberikan, apresiasi dari Kota Padang yang menawarkan RSUD dr. Rasidin menjadi RS rujukan pasien positif covid19, segala sesuatu akan dilengkapi sesuai dengan SOP nya.



“Penunjukan rumah sakit umum daerah sebagai rujukan covid 19 ini, sebagai upaya meminimalisir adanya zona merah covid 19 di berbagai wilayah di Sumatera Barat. Untuk itu segala kebutuhan yang dibutuhkan guna menunjang penanganan pasien positif covid19 di RSUD dr. Rasidin, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan siap memfasilitasi,” ungkapnya.

Sementara pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Barat (dr. Areva) menyarankan pasien yang bukan dalam tanda-tanda covid 19 dialihkan ke rumah sakit lain, seperti yang dilakukan oleh RS Persahabatan Jakarta agar tidak terjadi penumpukan pasien dan penyebaran virus yang lebih luas, namun dengan syarat Alat Pelindung Diri (APD) yang harus dilengkapi.

“ Kita juga berharap ada pemasangan CCTV pada ruangan rawatan pada pasien covid19 yang skala berat atau sedang. Sebagai alat monitor setiap kondisi pasien nantinya,” harapnya.



Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kesehatan Kota Padang juga menyampaikan bahwa kota padang telah menyiapkan 28 unit rumah nelayan di Lb. Buaya dan Rusunawa seandainya lokasi isolasi untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid19 yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sudah penuh, namun pemerintah kota padang masih kekurangan tenaga kesehatan dalam mengawasi lokasi dimaksud.

Terkait pro dan kontra mengenai penunjukan RSUD dr. Rasidin sebagai RS rujukan pasien positif covid 19, sudah diatasi oleh Pemerintah Kota Padang dengan melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat setempat. Kemudian, secara berkelanjutan akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar tidak terjadi permasalahan nantinya. (ms


No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang