Pentingnya Beladiri Bagi Perempuan Di Zaman Sekarang

Penulis : Yusri mulyana, mahasiswa Sastra Daerah Minangkabau, Universitas Andalas.

Dengan banyaknya kasus pelecehan terhadap perempuan akhir-akhir ini  membuat para orang tua yang mempunyai anak perempuan jadi takut dan was-was ketika anak gadis nya berada di luar, apalagi yang berada diluar kota atau daerah. Untuk itu kita sebagai perempuan apalagi yang merupakan seorang anak rantau yang tinggal jauh dari orangtua  harus punya pegangan, setidaknya jika kita tidak bisa mengalahkan penjahat tersebut kita bisa mengalihkan mereka sampai pertolongan datang. Mengutip dari laman Kompas.com,” catatan tahunan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap perempuan (Catahu Komnas perempuan) 2020 yang dilucurkan Jumat (6/3/2020) di Jakarta menunjukkan jumlah laporan kekerasan terhadap perempuan pada tahun 2019 mencapai 431.471 kasus. Angka ini jauh melonjak dibandingkan Catahu Komnas Perempuan tahun 2008 yang jumlahnya mecapai 54.425 kasus atau naik 792 persen.”
Tingginya angka kekerasan terhadap perempuan membuat kaum hawa tidak bisa beraktivitas bebas di luar rumah jika tidak ada yang mendampingi.  Untuk itu Perempuan perlu untuk belajar ilmu beladiri agar bisa melindungi diri dari segala bentuk kekerasan dan pelecehan seksual.  Beladiri sangat membantu pada situasi atau keadaan yang menyebabkan perempuan berpotensi menjadi korban, seperti di tempat-tempat gelap dan sepi. Namun sebelum menguasai teknik beladiri alangkah baik nya perempuan juga membekali dirinya dengan informasi terkait kekerasan dan pelecehan seksual tersebut. Perempuan yang dipandang sebagai makhluk yang lemah membuat para predator tersebut menjadikannya sebagai objek kekerasan dan pelecehan seksual. Oleh Karena itu juga kita harus belajar ilmu beladiri, selain bisa menjaga diri dari berbagai bentuk kejahatan kita juga bisa memperkuat fisik Karena sering olahraga, dan juga dapat menyehatkan tubuh. 
Jenis beladiri yang bisa dipelajari perempuan sangat banyak macamnya, seperti boxing, karate, taekwondo, silat, kungfu, bahkan judo. Semua jenis beladiri bisa dipelajari perempuan asalkan mematuhi kaidah-kaidah atau aturan-aturan yang berlaku di dalam ajaran tersebut. Selain untuk menjaga diri, beladiri juga mempunyai manfaat lain bagi perempuan. Melansir dari medanheadlines.com ada lima manfaat beladiri bagi perempuan :
1. Sebagai bentuk perlawanan terhadap tindak kejahatan / kekerasan
Kekerasan fisik berupa pukulan, tendangan, cekikan, dan lain sebagainya serta kekerasan seksual seperti pencabulan, pemerkosaan, eksploitasi seksual, prostitusi paksa dan lain sebagainya adalah bentuk kekerasan yang biasa terjadi terhadap kaum wanita. Bentuk-bentuk kekerasan ini juga harus dengan tegas dicegah. Maka dari itu penting sekali bagi kaum wanita untuk memiliki ilmu beladiri sebagai bentuk perlawanan pertama dan penyelamatan diri sesegera mungkin dari berbagai aksi kejahatan.
2. Memiliiki fisik tubuh yang kuat
Menjadi seseorang yang memiliki fisik tubuh yang kuat sudah pasti membuat kita tidak mudah diganggu dan diremehkan oleh orang lain. Sebaliknya fisik tubuh yang terlihat lemah akan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk berlaku semena-mena terhadap diri kita. Berlatih beladiri bagi seorang wanita secara perlahan namun pasti akan membentuk fisik tubuh yang kuat karena beragam gerakan pada ilmu beladiri memang bertujuan untuk melaih kekuatan tubuh kita.
3. Membangun mentalitas yang positif
Tak hanya dari segi fisik, dari segi mental ilmu beladiri juga memberikan manfaatnya seperti kepercayaan diri, keberanian, kewaspadaan, dan pengendalian emosi. Selain fisik, mental yang kuat justru akan membuat seorang perempuan akan jauh lebih terlihat mempesona.
4. Menjaga kesehatan
Sudah pasti tujuan utama kita melakukan olahraga ialah untuk memperoleh tubuh yang sehat. Tak terkecuali olahraga tersebut berbentuk ilmu beladiri. Berlatih olahraga beladiri dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengencangkan otot-otot tubuh sehingga metabolisme dalam tubuh bekerja dengan baik.
5. Mengasah kecerdasan
Kecerdasan juga dapat diasah melalui latihan beladiri karena pasalnya ilmu beladiri menuntut kita untuk berrfikir bagaimana taktik dan teknik yang tepat untuk melindungi diri atau melumpuhkan lawan. Sehingga melalui ilmu beladiri kita juga akan terlatih dan terbiasa untuk berfikkir demi meningkatkan kecerdasan baik emosional maupun intelektual.

Menurut penulis pribadi yang juga merupakan anak beladiri, manfaat dari ilmu beladiri itu bukan itu saja. Beladiri juga bisa membuat kita terlihat awet muda, karena sering berolahraga dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Untuk perempuan juga bagus untuk rahim, jika rajin latihan dan melakukan gerakan dengan benar nanti bisa lebih mudah ketika melahirkan. Dengan beladiri kita juga bisa mengukir prestasi, dengan mengikuti berbagai kejuaraan yang di selenggarakan. Jika di awal masih takut-takut untuk bertanding, kita bisa mengikuti yang bagian seni nya. Seperti contoh pada unit beladiri taekwondo, ada namanya Poomsae dan Kyorugi, yang mana kyorugi (fight) berarti bertarung dan poomsae berarti seni. Dan pada unit beladiri silat juga ada namanya seni dan laga.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang