Ketua TP. PKK Sifrowati Yulianto Hadiri Panen Raya Di Ujung Gading Pasaman Barat

Petani Pasaman Barat tetap semangat panen padi di tengah  Pandemi Covid-19, di Jorong Situak Barat kampung tengah parlayangan, Nagari Persiapan Situak, Kecamatan Lembah Melintang, Ujung Gading. Sabtu (18/4/2020).


Terlihat hadir panen padi tersebut, Ketua TP. PKK Sifrowati Yulianto bersama PKK kecamatan juga didampingi jorong Taming serta Ibu jorong yang tergabung dalam PKK kecamatan serta Ibu PERWOSI dan masyarakat setempat.


Ketua TP. PKK Sifrowati Yulianto mengatakan Ia ucapkan terimakasih kepada masyarakat situak, Ia bisa ikut menuai padi panen raya bersama, ini adalah suatu kebanggaan baginya, mengenang waktu sekolah dulu bersama orang tua waktu panen padi.


"Berhubung padi sudah masak menguning masyarakat ingin cepat-cepat menuainya melihat cuaca sekarang curah hujan tinggi dan dibeberapa ke jorongan disini sering terdampak kebanjiran di pemukimannya,"ujarnya


Sifrowati menambahkan, bahwa ada beberapa padi juga yang sudah rebah dan ada yang busuk akibat banjir sehingga sawah tergenang dikarenakan air yang meluap dari batang air tersebut.


"Maka masyarakat situak ini langsung menuai padinya dengan panen raya padi ladang bersama-sama dengan menggunakan alat panen tradisional gotol/manggotol istilah manggotol itu panen tradisi padi ladang dan masyarakat juga

menerapkan pemakaian masker dan jaga Jarak/Fisical Distancing."Ungkapnya


Harapannya, Hasil panen ini nantinya selain di jual juga di simpan di rumah untuk stock pangan karena kita tidak tau akan wabah covid-19 ini takut tiba massa paceklik bahan pokok.


"Semoga dengan panen ini bisa untuk mencukupi kebutuhan pokok keluarga beberapa bulan kedepan dan jangan dijual semuanya takut nanti harga kebutuhan pokok melunjak dan susah untuk didapat seperti beras ini dikarenakan virus corona (covid-19), diharapkan untuk menanam kembali agar kita tidak putus untuk bahan pokok Padi (Beras) di kampung kita ini."Harapnya


Untuk itu, mari kita sama-sama waspada kita terhadap diri kita masing-masing mulai dengan Alat Pelindung Diri (APD), Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sesering mungkin, pakai masker setiap hari dan hindari jarak keramaian dengan jarak 1 Meter, Semoga massa wabah virus corona ini cepat berakhir dan perekonomian kita akan stabil lagi.Imbuhnya Sifrowati Ketua TP-PKK Pasbar yang juga Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat.


(Robi)

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang