Kencur ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan


Oleh :Kezy Sepriani
Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Andalas

Kencur merupakan tanaman yang namanya tidak asing lagi di Indonesia. Walaupun sangat populer di Indonesia, tapi tanaman ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari India kemudian tersebar ke seluruh penjuru Asia Tenggara, Cina, bahkan sampai ke Australia. Buah tanaman herbal yang memiliki nama latin kaempferia galangal ini  tumbuh bercabang-cabang  dan tertanam di dalam tanah, memiliki kulit ari dan jika dibelah dagingnya nampak berwarna kuning. Daunnya tumbuh di atas permukaan tanah, berwarna hijau gelap dengan 2 sampai 4 helai daun saja. Tanaman ini juga memiliki bunga wangi dengan kelopak berwarna putih. Kencur dapat tumbuh dengan baik di tanah yang gembur dengan kadar airnya kurang di tempat terbuka.
Manfaat kencur biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan, karena disamping baunnya yang tajam, rasanya juga khas sehingga memberikan rasa juga aroma yang menggoda dalam masakan-masakan tradisional Indonesia. Tapi di sisi lain kencur juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tidak hanya bermanfaat dari bagian rimpangnya saja, tapi juga bisa dari daunnya.  Kencur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang biasanya dijadikan sebagai pengobatan tradisional sejak dahulu, terutama di Asia Tenggara. 
Kencur menjadi salah satu bahan jamu atau obat herbal yang sudah sangat populer yaitu jamu beras kencur. Selain sebagai jamu, kencur juga bisa dikomsumsi secara langsung, diekstrak menjadi serbuk, dan diekstrak menjadi minyak. Khasiat kencur juga dipercaya dapat menambah nafsu makan karena memilki kandungan minyak atsiri. Kencur biasanya dikomsumsi sebagai jamu beras kencur. Jamu ini merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah dan asam jawa. Komsumsi beras kencur tidak mengenal usia sehingga aman dikomsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Fungsinya untuk menambah nafsu makan biasanya ditujukan untuk anak-anak, sedangkan pada orang dewasa kencur bisa menjadi penambah stamina tubuh.
Kencur juga diyakini bisa mengobati masalah pencernaan pada tubuh seperti mengatasi perut kembung  dan magh untuk mendapatkan manfaatnya misalnya dengan cara dikunyah mentah-mentah dengan sedikit garam dan air hangat. Alternatif lain adalah dengan merebus ruas kencur sekitar 3 cm dengan satu gelas air. kedua  cara ini diyakini dapat menurunkan asam lambung di dalam perut. Asam lambung yang normal dapat mengatasi masalah magh.
Manfaat kencur untuk kesehatan juga berguna untuk menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas dicegah, tubuh akan sehat dan lebih bugar. Radikal bebas adalah salah satu penyebab berbagai penyakit yang berkembang di dalam tubuh. Misalnya kanker kulit dan banyak jenis penyakit berbahaya lainnya.
Sensasi hangat kencur juga dapat mengobati batuk. Beberapa kandungan dalam kencur bisa digunakan untuk meredakan batuk. Sensasi hangat dalam ramuan kencur dalam bentuk minuman juga bisa menetralkan batuk dan rasa pegal. Oleh karena itu, sangat disarankan sekali bagi mereka yang sedang batuk untuk meminum ramuan ini agar merasa hangat dan lega. Kencur sangat baik dalam mengembalikan atau meningkatkan energi Ramuan kencur juga diyakini bisa menyegarkan tubuh yang lelah. Rasa segar dalam kencur mirip dengan yang ada di minuman jahe yang juga bisa menghangatkan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengkomsumsi ramuan dari kencur ketika tubuh sedang sakit dan lelah. 
Kencur juga bisa digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migrain. Meskipun bisa menggunakan obat-obatan generik yang dapat meredakan sakit kepala dengan mudah, kencur dapat menjadi pilihan alternatif karena sangat aman dikomsumsi dan tidak memiliki efek samping. Obat-obatan generik di pasaran mengandung banyak senyawa kimia yang bisa berbahaya. Jika mengkomsumsinya setiap hari kemungkinan memiliki beberapa dampak negatif pada sebagian orang.
Khasiat kencur untuk kesehatan juga bisa menurunkan berat badan, cocok bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Mengkomsumsi kencur dapat melangsingkan tubuh secara alami. Berbagai jenis zat di dalam kencur mampu melangsingkan tubuh dan membuat anda jadi lebih percaya diri.
Selain kencur dapat mengatasi masalah kesehatan, kencur juga dapat digunakan untuk mencegah hormon yang dapat menyebabkan tumabuhnya jerawat, membuat jerawat yang hendak muncul kemudian bisa menghilang. Sangat dianjurkan untuk dikomsumsi bagi wanita yang sedang haid terkadang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat yang cepat di wajah.
Mencari bahan herbal untuk pengobatan memang tidaklah sulit. Anda bahkan bisa mencari di dapur sendiri seperti tanaman kencur ini. Selain menjadi penyedap makanan, minuman, dan lain-lain ternyata kencur juga bisa dijadikan obat-obatan tradisional. Untuk itu kita sebagai  masyarakat di Indonesia sebaiknya mulai membudidayakan tanaman kencur ini karena tanaman kencur ini diketahui memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh kita. Kencur merupakan rempah-rempah sekaligus obat-obatan yang berguna. Maka dari itulah mari kita budidayakan tanaman kencur.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang