Hendri Septa Puji Formula HandSanitizer Olahan SMK SMAK Padang

Setelah kunjungan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah sehari sebelumnya, giliran Wakil Walikota Padang Hendri Septa melakukan kunjungan ke laboratorium SMK SMAK Padang, Selasa (14/04/2020).

Di laboratorium tersebut, tim SMAK Padang meracik larutan antivirus berupa hand sanitizer yang akan didistribusikan Pemerintah Kota Padang kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19. Formula hand sanitizer olahan SMK SMAK Padang dipastikan memiliki komposisi yang sesuai standar laboratorium sehingga ampuh membunuh bakteri dan virus.

“Kita menginginkan masyarakat lebih memperhatikan kebersihan dan waspada terhadap virus salah satunya menggunakan hand sanitizer,” kata Hendri Septa yang disambut Kepala SMK SMAK Padang, Nasir beserta tim labor SMK di bawah Badan Pengembangan SDM Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian itu.

Menurut Hendri Septa, kerjasama dengan SMAK Padang untuk produksi larutan sanitizer ini tentunya dengan harapan memutus sebaran virus corona di Kota Padang. Sedangkan masyarakatnya sendiri harus terus menerus diedukasi melindungi diri dan melindungi orang lain agar tidak terinfeksi virus yang tengah mewabah ini.

“Kita akan terus edukasi masyarakat agar lebih peduli melindungi dirinya sekaligus melindungi orang lain dari wabah virus yang perpindahannya dari orang ke orang ini,” ujar Hendri Septa.

Sementara itu, Kepala SMAK Padang, Drs. Nasir mengatakan, untuk pembuatan hand sanitizer ini, Pemko Padang menyediakan 10 drum alkohol berkadar 96 persen yang nanti dicampur dengan zat lainnya.

“Larutan sanitizer sekitar 2400 liter dikemas dalam kemasan 1 liter sebanyak 1300 botol, 500 ml sebanyak 1260 botol, 200 ml sebanyak 1500 botol dan 110 ml  sebanyak 1500 botol,” terang Nasir.

Lebih lanjut, Nasir menjelaskan, terkait pencegahan Covid-19 di Indonesia, Kemenperin telah memerintahkan ke seluruh satker agar berpartisipasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah. SMAKPA sebagai unit pendidikan di bawah BPSDMI Kemenperin juga bersinergi dengan Pemko Padang.

“SMAKPA bersinergi dengan Pemko Padang dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pencegahan wabah corona. Beberapa pekan lalu kita membagikan hand sanitizer di Masjid Raya Sumbar. Sekarang kita bantu meracik formulasi pembuatan hand sanitizer untuk Pemko,” ulas Nasir.

Selain hand sanitizer dan disinfektan, menurut Nasir, siswa SMAK Padang juga mempunyai karya berupa handsoap, shampoo, pembersih kaca dan pembersih lantai yang efektif juga melawan virus corona.

“Produk – produk tersebut merupakan buatan siswa sendiri. Kita tidak perjualbelikan. Jika untuk kebutuhan lebih banyak dalam mengatasi wabah corona ini, kita produksi secara percuma asalkan bahan tersedia,” pungkas Nasir (ytd).

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang