BAWANG BERJUTA MANFAAT.

Penulis,
Sintya Yunia Zalti

Ketika mendengar kata bawang putih terlintas di benak sesuatu yang berukuran kecil dan sangat berguna bagi masakan. Umbian yang satu ini sangat berguna sebagai bumbu masakan yang akan memberi cita rasa yang khas terhadap masakan. Kali ini penulis akan membahas manfaat lain dari kandungan bawang putih. Bawang putih dengan nama latin allium sativum merupakan bahan utama untuk membuat masakan Indonesia. Bawang mentah dengan senyawa sulfur yang membuat bawang putih mentah terasa angur. Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat- zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.
Bawang putih sendiri sangat ampuh dengan berbagai macam pencegahan penyakit. Menurunkan kolesterol, mengendalikan tekanan darah, menyehatkan jantung, menurunkan resiko kanker, menjaga kesehatan otak, mengatasi jerawat, memperkuat tulang, melawan radang pilek dan batuk, mengatasi rambut rontok, menetralisir racun di dalam tubuh, dan masih banyak lagi. Dalam kesehatan otak sendiri, bawang putih mempunyai kandungan  FruArg yang berguna untuk memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan kadar oksida nitrat dalam otak, sehingga bisa melawan peradangan sebagai penyebab kerusakan pada sel otak. Bawang putih sendiri mengandung beberapa nutrisi, diantaranya:
4 kalori
1 gram karbohidrat
0,2 gram protein
0,1 gram serat
0,1 miligram mangan
0,9 miligram vitamin C
5,4 miligram kalsium
0,4 mikrogram selenium
Berbagai antioksidan seperti, asam amino, oligosakarida, dan vlavonoid.
Bawang putih juga mengandung polisulfida yang bekerja memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah. Kandungan sulfur aktif tadi yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannnya dalam tubuh. Bawang putih sangat baik jika dimakan mentah. Karena di saat mentah nutrisi bawang putih masih banyak dianding setelah memasaknya, karena saat di masak nutrisi bawang putih jadi berkurang. Bawang putih juga mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Bumbu berbau khas ini di percaya dapat meningkatkan kerja sel darah putih dalam memerangi virus penyebab batuk dan pilek.
Bawang putih juga di percaya untuk terapi, ia bisa mengatasi insomnia. Aroma menyengat di percaya membuat otot menjadi rileks sehingga tidak lagi mengalami gangguan tidur. Senyawa organosulfur yang ada pada bawang putih dapat mencegah terjadinya kanker pada manusia, termasuk kanker kolon. Tak hanya itu, bawang putih juga di percaya di beberapa kalangan untuk mengusir roh jahat. Menggantung bawang putih di pintu, jendela, atau ventilasi rumah di yakini bisa melindungi rumah dari makhluk halus. Memang dengan cara atau doa tertentu menurut kepercayaannya.
Bawang putih sangat mudah di dapat. Pasar- pasar, supermarket, dan toko masak lainnya. Jika malas untuk membeli, bawang putih juga bisa di tanam sendiri dengan mengubur satu atau lebih siung bawang putih. Kemudian tinggal merawatnya dengan menyiram dan memberi pupuk. Harga bawang putih tersebut sering turun naik. Dari harga normal Rp. 30. 000 per kg, sekarang bisa mencapai Rp. 70. 000 per kg. Umbian sekecil bawang putih punya berjuta manfaat yang jarang di ketahui.

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang