10 tanda-tanda penyakit ulkus (Luka lambung) yang sering di abaikan


Oleh:Mona Darmita
1810741008
Sastra Minangkabau,FIB,Universitas andalas
Anda memiliki rasa sakit khusus perut bagian atas anda? Ini merupakan salah satu gejala maag yang paling sering di derita anak remaja terutama kaum wanita. Menurut Neil Sengupta, MD spesialis gastroenterology di university of Chicago mengatakan  ulkus dapat berkembang di mana saja sepanjang jalur pencernaan atas. Kita yang sering merasakan sakit pada perut bagian atas selalu berpikir  hanya sakit biasa karna telat makan dan disinilah Ulkus berkembang dan menjadi lebih serius.
Perhatikan gejala maag ini dan segeralah periksa kedokter  sebelum menunjukan yang serius
1.       Nyeri perut mendadak
Dimana terasa sakit sekitar pusar anda disertai rasa mual, demam, muntah, kehilangan nafsu makan, tekanan untuk buang air besar atau kekakuan otot perut, Jika ini terjadi pada diri anda segeralah pergi kerumah sakit.  Penyakit seperti ini harus segera di obati atau usus buntu akan pecah dan bocor cairan yang terinfeksi ke bagian lain perut.

2.      Nyeri dan Gas
Rasa sakit terasa dibagian bawah pusar disertai dengan gas,  Kemungkinan penyebab terjadinya konstipasi atau perut kembung . jika ini terasa pada anda yang dapat anda lakukan dengan meminum obat pencahar atau anti gas counter , apabila rasa nyeri masih berlanjut hingga 2 minggu berturut-turut segeralah periksa ke Dokter.

                       
3.      Nyeri mendadak di sisi kanan
Rasa nyeri  di sisi kanan perut anda memungkinkan memancar ke bagian lain perut atau punggung yang di sebabkan batu empedu atau  terjadinya peradangan kantong empedu . yang dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan super empedu seperti biji Rami, alvocado, kacang polong, jeruk, sayuran pahit, sayuran hijau gelap, air putih, akar bit, kol parut. Makanan tersebut dapat menjaga kandungan empedu anda dalam kondisi prima untuk membantdu memecah lemak di dalam tubuh , mencegah refluks asam, gas, mual, muntah dan sakit perut.
4.      Nyeri mendadak di bawah pusar
Rasa nyeri yang terasa dapat menyebar kedua sisi pusar yang disebabkan gangguan kolon, infeksi saluran kemih atau penyakit radang panggul. Jika rasa sakit terus berlanjut segeralah periksa  kedokter .

5.      Tiba-tiba nyeri tajam
Adanya rasa nyeri dekat dekat tulang rusuk bawah anda yang menusuk kebawah selangkangan anda, ini mungkin di sebabkan batu ginjal yang disertai demam, infeksi ginjal atau kandung kemih. Untuk menghilangkan rasa nyeri anda dapat meningkatkan asupan air putih karena air putih dapat melancarkan batu ginjal.
6.      Adanya sensasi terbakar dibawah tulang dada
Tepat dibawah tulang dada, setelah makan besar akan ada rasa terbakar yang mengakibatkan perut anda mulas (refluks). Sensasi terbakar ini dapat anda redakan dengan meminum antasida dan hindari mengkonsumsi makanan berminyak besar.
7.      nyeri mendadak pada perut dan kelembutan
rasa nyeri yang terasa pada perut kiri bawah anda yang disertai dengan demam, mual ataupun muntah
8.      sakit perut mendadak dan berdarah
rasa nyeri pada perut anda yang disertai dengan diare yang berdarah (darah tinja atau muntah darah) kemungkinan disebabkan adanya sumbatan pada usus, apendiks berlubang atau pendarahan dari usus. Jika sudah seperti ini segeralah anda periksa kedokter sebelum lebih serius.
9.      Rasa sakit atau nyeri ringan berulang-ulang pada perut
Rasa nyeri pada perut yang berulang-ulang secara perlahan dan berlanjut hingga berhari-hari  hingga berbulan-bulan dan kadang rasa nyeri disertai dengan diare, sambelit, kembung atau perut kembung yang mungkin disebabkan penyakit kronis seperti intoleralaktosansi, sindrom iritasi usus, bisul, intoleransi makanan, penyankit crohn, colitis ulseratif atau penyakit celiac. 
10.  Nyeri pada perut orang yang perokok
Nyeri  yang tiba-tiba terutama pada orang tua yang meroko atau memiliki darah tinggi yang disertai denga kepala yang ringan, kemungkinan ini disebabkan  Aneurisma aorta perut yaitu  area yang membesar di bagian bawah aorta, pembuluh darah utama yang memasok darah ke tubuh. Aorta, tentang ketebalan selang taman, mengalir dari hatimu ke pusat dada dan perutmu dan segeralah pergi ke rumah sakit terdekat untuk menurunkan tekanan darah agar tetap terkendali.


No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang