Sekda Tinjau Lokasi, Pemkab Pasaman Barat Gelar Maapam Kamis Besok

www.jurnalissumbar.id
Jelang  acara Pasbar Maapam yang akan digelar Kamis (12/3/2020) Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) lakukan kegiatan Gladi Resik, acara tersebut  untuk melestarikan budaya daerah dan memecahkan rekor MURI dengan jumlah 1.500 tungku yang dilaksanakan di Hutan Kota Padang Tujuh, Rabu (11/3/2020).

Terlihat dalam acara tersebut, Ketua Pelaksana, Syifrowati yang di dampingi Sekda Pasbar, Yudesri beserta Istri, Kadis Lingkungan Hidup, Adrinaldi Kadis Pendidikan Marwazi, Kadis Perhubungan, Rizaldi, Kaban

Kesbangpolimas,Nina Sahputri, Kadis Pangan  Yashari.Kadis Pangan & Holtikutura,Sukarli, Kadis Sosial, Yonisal,  Kaban Satpol PP & Kebakaran, Abdi Surya, Sekretaris Perkebunan, Jayasman, Kabag Kesra, Hendrizal, Kabag Protokoler, Yosmar Difiah, Sekretaris Koperindag, Sukarni, beserta seluruh jajaran pegawai dan Staf OPD Pemkab Pasbar dan anak-anak Sekolah dalam rangka meninjau persiapan pelaksanaan maapam 1500 tungku dan sekaligus gladi bersih itu.

Ketua panitia pelaksana, Sifrowati disela-sela acara kepada haluan.com mengatakan, acara ini terselenggara berkat kerjasama seluruh anggota panitia dan OPD  serta instansi terkait.

Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota panitia, termasuk OPD  yang sudah menyumbangkan dana, pikiran, dan tenaga, sehingga persiapan untuk terlaksananya acara untuk mendapatkan rekor MURI besok  dapat berlangsung dengan baik, meriah dan tanpa hambatan.

"Kegiatan Maapam ini akan diikuti oleh Emak-emak dari berbagai lapisan masyarakat, Siswa/i SLTA dan juga staf dan pegawai putri seluruh instansi yang ada di Pemkab Pasbar,"Ungkap Sifrowati.

Lebih Jauh Sifrowati menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang terkait dari nama-nama bulan dalam “Almanak” yang setara dengan bulan Rajab dalam kalender Hijriah artinya bulan Apam adalah sejenis makanan yang mirip serabi dan sudah menjadi tradisi di Pasbar. 

"Pasbar maapam yang diadakan oleh Pemkab ini merupakan langkah untuk melestarikan tradisi bagi masyarakat Pasbar yang disebut maapam pada bulan Rajab, dan juga menyambut Ramadan apam yang dilakukan oleh emak-emak di kabupaten mekar ini,"Jelas Ketua TP PKK Kabupaten itu.

Terakhir Ia mengajak seluruh masyarakat Pasbar untuk hadir mengunjungi acara Maapam tersebut dan sama-sama menikmati masakan apam yang tersedia dari hasil maapam 1500 tungku itu,"himbaunya.

Di samping itu, Kadis Lingkungan Hidup, Andrinaldi mengatakan, Ia sangat mendukung acara yang diselenggarakan di Taman Hutan Kota tersebut. sebab menurutnya, dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan di Hutan Kota tersebut, Hutan Kota akan lebih ramai dan di kenal oleh masyarakat, hingga ke depan hutan kota akan dapat menjadi salah satu sasaran objek wisata di Pasbar. 

"Melalui kegiatan ini, harapan kita konservasi tumbuhan dan hewan yang ada di hutan kota akan dapat tereksploitasi ke dunia luar, hingga dalam memperkenalkan hutan sebagai salah satu sasaran tujuan wisata akan tercapai, semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya, "Ujarnya.

"Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan dapat meraih rekor MURI sesuai dengan yang diharapkan sehingga dapat menjadi contoh untuk melestarikan budaya Maapam ini dan budaya daerah lainnya,"harap Andrinaldi mengakhiri. 


No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang