SATROL PANGKALAN UTAMA TNI AL II SELALU MENGASAH KAMPUAN TIM VBSS

Latihan VBSS (Visit, Board, Search, and Seizure) adalah latihan yang memiliki kemampuan pencarian, penyergapan, dan pembebasan kapal.  Yang merupakan komponen wajib yang dimiliki oleh TNI AL untuk menekan berbagai bentuk pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut. Demikian disampakan oleh Pejabat Pengganti Sementara Komandan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal II, Kolonel Laut (P) Cahya Indra Susilo, S.T., M.M. di dermaga Bungus Padang, Rabu, 04 Maret 2020, pada upacara pembukaan latihan secara resmi.


Tujuan diselenggarakannya latihan VBSS ini adalah untuk meningkatkan mental dan mengasah kemampuan dan profesionalisme personel, semakin terlatih dan berdisiplin tinggi guna tercapainya kesuksesan dalam setiap penugasan, lanjutnya.


Latihan VBSS kali ini direncanakan akan berlangsung selama 3 hari, berakhir pada hari Jum'at, 06 Maret 2020. Dimulai dengan upacara pembukaan dan pemberian materi dan perencanaan, latihan dilaut dan evaluasi. 

Pada latihan dilaut, diskenariokan adanya kapal yang dibajak/dirompak di perairan bungus. Latihan kali ini akan melibatkan beberapa unsur Satrol diantaranya KRI Kelabang-826, KRI Cakalang-852, KAL Sinyaru, Sea Rider, para Prajurit Satrol akan melaksanakan penyergapan dan pembebasan awak kapal yang disandra. Tak lupa Pg.S Komandan Satrol yang sehari-hari juga menjabat sebagai Asisten Operasi Komandan Lantamal II ini juga berpesan untuk meningkatkan kerjasama tim, mematuhi segala ketentuan yang berlaku, mengutamakan keselamatan sehingga tecapai zero accident selama dalam latihan.

Dispen Lantamal II

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang