Kecamatan Nanggalo Fokuskan Pembangunan Perdagangan Dan Pariwisata



www.jurnalissumbar.id

Camat Nanggalo Fuji Astomi  menyampaikan Program prioritas kecamatan Nanggalo  difokuskan pada  peningkatan perdagangan dan Pariwisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.  dab menekan angka kemiskinan.
Hadir Pada Musrenbang Kecamatan Nanggalo Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir,  LPM Nanggalo Zurman Jun, ninik mamak, Bundo Kanduang forkopimka setempatdi Gedung Kerapatan Adat Nagari Nanggalo (KAN) senin 24/2/2020).

Menurutnya, sesuai potensi di Kecamatan Nanggalo  dan berdasarkan usulan masyarakat yang utama dilakukan dan diprioritaskan kepada pendidikan, perdagagan dan pariwisata semuanya ada di Kecamatan Naggalo. Dilihat dari pendidikan semuanya lengkapa di Nanggalo ada perguruan tingginya, artinya tingkat pendidikan sudah terpenuhi di Kecamatan Nanggalao.

Sektor pariwisata Nanggalo punya pariwisata dan tidak kalah dengan kecamatan  yang ada di Kota Padang, seperti peninggalan sejarah adanya lobang japang di Tabiang banda gadang Gunuang panggilun artinya potensi itu harus dibuka secara bersama dan berkemungkinan jadi kunjungan wisata. 

Disamping itu di Nanggalo ada UMKM, untuk mengembangakan UMKM Camat Nanggalo Fuji Astomi mempunyai inovasi  menjadikan Pasar Nanggalo, Nanggalo Nightmarket kedua setelah permindo,  tujuannya UMKM yang ada di Nanggalo bisa berkembang dengan baik. Karena Kecamatan Nanggalo perlintasan antara baratnya kota Padang dan timurnya kota Padang tentu  telah mengacu dan sesuai dengan konsep pemerintahan kota Padang untuk pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, di Kecamatan Nanggalo sudah ada kampus Politeknik kesehatan, universitas sitifam di pagang dalam yang membantu perekonomian warga setempat. “Jika potensi-potensi ini dikelola dengan baik, akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya

Fuji Astomi mengatakan, Musrenbang ini membahas berbagai macam usulan perioritas yang telah dilaksankan melalui Rakorbang. untuk tahun 2021 menggali potensi yang ada di wilayah kecamatan Nanggalo. Tentu dalam hal ini mendukung program unggul sesuai dengan  pisimisi walikota Padang yang menginginkan kota padang ini menjadi kota pendidikan perdagangan dan pariwisata. 

Ada Enam kelurahan di kecamatan Nanggalo sangat banyak hal yang bisa dikembangakan kedepannya. semua kelurahan punya aset tentu potensi yang ada di masing enam kelurahan tersebut dapat dikemas dengan baik tujuan untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat. 

Seperti, Dikampung lereng di kelurahan Tabiang Banda Gadang terdapat ditinasi wisata sejarah lubang Japang di  Gunuang Panggilun. Disimpang Kandih kampuang olo juga merupakan saksi sejarah, dimana Bagindo Aziz Chan pahlawan Nasional ditembak oleh Belana telah mengingatka  kepada kita perjuangan Bagindo Azizi Chan untuk pembangunan Kota Padang. Dan  akan dijadikan Youth Centernya di  kecamatan Nanggalo. 

Kemudian dikampuang lapai sangat berpotensi wisata air saat ini sudah dikemas oleh masyarakat, pengembangan pulau talena dan barandon. Dikurao pagang ada potensi taman malpinas sekiranya bisa dijadika tempat wisata ekosistim budi daya ikan lele. Dikelurahan surau Gadang dikenal dengan siteba  banyak UMKM nya  sehingga kedepan akan dimanfaatkan salah satu aset pemerintah kota yang ada di Pasar Nanggalo dibuat sebuah ivent Nanggalo Night market sebagai mana yang sudah dilakuka Pemerintah Kota Padang di Permindo.

Kemudian di Kelurah Gurun Laweh sudah ada kampuang budaya. di SMA Negeri 12 akan dibangun gedung serba guna dan dimanfaatka sebagai pusat latiahan bagi generasi muda untuk pengembangan adat budaya yang ada di Nanggalo sendiri.


#02/HMS

No comments

Powered by Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalissumbar.id, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang